Mungkinkah PKS Usung Anies Baswedan di Pilpres daripada Salim Segaf?

Jum'at, 13 Agustus 2021 - 14:58 WIB
loading...
Mungkinkah PKS Usung Anies Baswedan di Pilpres daripada Salim Segaf?
Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan dukungan partai politik itu sangat dinamis. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di berbagai survei belakangan ini seringkali teratas. Sementara itu, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan salah satu partai yang dekat dengan Anies Baswedan belakangan ini mendorong Ketua Majelis Syuro Salim Segaf Al-Jufri tampil di level kepemimpinan nasional.

Nah, melihat elektabilitas Anies yang acapkali di papan atas, mungkinkah akhirnya PKS mengusung Anies di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres), kemudian mendorong Salim Segaf untuk kursi DKI-1?

Analis Politik Sekaligus Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago mengatakan dukungan partai politik itu sangat dinamis. "Artinya soal dukungan partai itu semua kemungkinan bisa saja terjadi, bisa mengusung Anies dan bisa juga PKS mengusung yang kader sendiri," ujar Pangi kepada SINDOnews, Jumat (13/8/2021).

Menurut Pangi, biasanya partai politik itu tetap realistis, yakni mengusung dan mendukung calon yang berpotensi besar menang. "Kan enggak mungkin juga partai mengusung Capres yang kalah, semua partai ingin memenangkan pertarungan dan mengambil alih kekuasaan," tuturnya.

Sepengetahuan Pangi, tidak ada partai politik yang hanya meramaikan kontestasi, menjadi peserta penggembira atau calon hore. "Ceritanya partai tetap ingin memenangkan kontestasi elektoral dalam pilpres," ujarnya.

Pangi meyakini PKS tidak mau lagi jagoannya kalah. "Kan capek juga 10 tahun menjadi partai oposisi, partai kering dan puasa. Harus berkuasa tentu harus pintar-pintar memainkan desain strategi," ungkapnya.

Kemudian, kata dia, untuk bisa berkuasa harus mengusung dan mendukung Capres yang memiliki kans besar untuk menang. Nah, untuk mengukurnya, kata dia, bisa dengan melihat tren hasil survei. "Dalam konteks politik biasanya disebut bandwagon effect, gerombolan perilaku pemilih akan memilih capres yang bakal menang, ngapain memilih calon yang ternyata pada akhirnya nanti kalah," imbuhnya.

Dia memprediksi PKS tidak memikirkan menang atau kalah, asalkan mengusung kader sendiri. Sebab, PKS dinilai akan mendapatkan coat-tail effect atau efek ekor jas akibat konsekuensi Pemilu serentak pilpres dan pileg. "Otomatis partai yang mengusung kadernya mendapatkan berkah elektoral durian runtuh, kira-kira begitu," ungkapnya.

Namun, Pangi mengatakan umumnya sebuah partai politik akan memutuskan siapa jagoannya di pilpres dan mengenai koalisi di menit terakhir. "Atau last minute memutuskan calon presiden, ini biasanya juga strategi mengulur agar langkah politik tidak mudah dibaca tim lawan politik, agar tak mudah dipintas desain arsitektur kemenangan sama lawan tanding," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8876 seconds (0.1#10.140)