1.809 Nakes Meninggal Terpapar COVID-19, Mustika Ratu Beri Bantuan Herbamuno+

Kamis, 12 Agustus 2021 - 14:57 WIB
loading...
1.809 Nakes Meninggal Terpapar COVID-19, Mustika Ratu Beri Bantuan Herbamuno+
Mustika Ratu menyerahkan bantuan Herbamuno+ kepada rekan-rekan tenaga medis dan relawan di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Haji Jakarta, Jumat (16/7/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kenaikan kasus COVID-19 belakangan ini diiringi juga dengan tingginya angka kematian tenaga kesehatan (nakes). Berdasarkan data dari LaporCovid-19 sampai dengan 10 Agutus 2021, tercatat 1.808 nakes yang meninggal dunia akibat terpapar virus corona.

Mereka terdiri dari 640 dokter, 331 bidan, 48 Apoteker, 594 perawat, 5 sanitarian, 3 tenaga farmasi, 46 dokter gigi, 3 petugas ambulans, 10 rekam radiologi, 4 terapis gigi, 2 epidemiolog, 1 fisikawan medik, 1 entomolog, 47 ahli teknologi laboratorium medis, 3 elektromedik, dan 70 orang tenaga medis di bagian lainnya. Angka kematian nakes pada Juli 2021 ini lebih tinggi dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya sejak pademi Maret 2020.

Melihat kondisi tersebut PT Mustika Ratu Tbk turut memberikan dukungan untuk untuk menekan dan mencegah penyebaran COVID-19. Salah satunya dengan memberikan bantuan Herbamuno+ kepada rekan-rekan tenaga medis dan relawan di Rumah Sakit Darurat Covid (RSDC) Wisma Haji.

Baca juga: Nakes Gugur saat Tangani Covid-19 Akan Dianugerahi Tanda Kehormatan

"Herbamuno+ diharapkan dapat menjaga imun tubuh nakes agar tetap prima selama merawat pasien. Hal ini mengingat pentingnya peran nakes untuk memberikan perawatan dan pelayanan secara maksimal kepada masyarakat yang terpapar COVID-19," kata Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Kusuma Ida Anjani dalam siaran pers yang diterima SINDONEWS, Rabu 11 Agustus 2021.

Bantuan Herbamuno+ diserahkan langsung Direktur Pengembangan Bisnis dan Inovasi PT Mustika Ratu Tbk (MRAT) Kusuma Ida Anjani dan diterima Koordinator Bidang Analisis Kebijakan Lingkungan Strategis Pusat Analisis Determinan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sekaligus penanggung jawab logistik filantropi di RSDC Wisma Haji Dr Mukti E Rahadian MARS MPH. Proses penyerahan bantuan disaksikan Kepala Subdit Yankestrad Empiris Direktorat Pelayanan Kesehatan Tradisional dari Kemenkes dr Hadi Siswoyo MEpidemiologi dan Ketua Umum GP Jamu Dwi Ranny Pertiwi Zarman SE MH. Bantuan diserahkan pada Jumat 16/7/2021 lalu di Geduang D4 RSDC Wisma Haji Pondok Gede, Jakarta.

"Bantuan ini sabagai bentuk kerja sama Mustika Ratu yang merupakan salah satu anggota Gabungan Pengusaha (GP) Jamu dengan RSDC Wisma Haji," kata Kusuma Ida Anjani.

Baca juga: Bantuan Mulai Mengalir ke RS Wisma Haji Pondok Gede

Menurut Kusuma Ida Anjani, Herbamuno+ ini mengandung 5 herbal alami indonesia yang dapat membantu menjaga imun tubuh tetap prima. Yaitu sambiloto, akar manis, meniran, jahe emprit, dan jambu mete.

Dia menjelaskan, sembiloto merupakan Herbal yang dikenal dengan rasa pahitnya ini memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Di antaranya berfungsi sebagai antivirus, antiradang/antinyeri dan penurun demam. Sambiloto bahkan digunakan untuk pengobatan COVID-19 oleh pemerintah Thailand.

Kemudian akar manis berfungsi antivirus, antiradang/antinyeri, meredakan batuk (ekspektoran) dan sesak napas. Sedangkan Meniran atau Phyllanthus niruri adalah tanaman herbal yang banyak ditemukan tumbuh liar di Indonesia. Meniran ternyata sudah banyak dimanfaatkan masyarakat karena berkhasiat sebagai immunomodulator dan hepatoprotektor.

Selain itu Herbamuno+ juga mengandung jahe emprit yang berkhasiat untuk mengatasi mual, muntah, sebagai immunomodulator dan gastroprotektor. Lalu mengandung jambu mete yang berfungsi sebagai antinyeri, meredakan diare, dan melegakan pernapasan (bronkodilator).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1229 seconds (0.1#10.140)