Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19, Gary Tanoesoedibjo: DNR Siap Distribusikan Obat

Kamis, 30 September 2021 - 10:45 WIB
loading...
Hadapi Gelombang Ketiga Covid-19, Gary Tanoesoedibjo: DNR Siap Distribusikan Obat
Direksi DNR Corporation Gary Tanoesoedibjo mengatakan, antisipasi gelombang ketiga Covid-19, DNR Corporation siap mendistribusikan obat herbal ke masyarakat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyerukan perlunya kewaspadaan terkait kemungkinan gelombang ketiga pandemi Covid-19 di Indonesia.

Menyikapi hal tersebut, Direksi DNR Corporation Gary Tanoesoedibjo mengatakan, DNR Corporation di bawah naungan PT. Zebra Nusantara Tbk. (ZBRA) yang telah terlibat dalam penanggulangan pandemi Covid-19 siap mendistribusikan produk farmasi. “DNR akan selalu bersinergi dengan semua pihak dan memberikan layanan distribusi farmasi, terutama di kala pandemi Covid-19,” ucap, Kamis (30/9/2021).

Menurut dia, DNR memiliki rencana strategis dalam mendistribuskan obat Covid-19 yang disebut dengan NRICM101 di Indonesia. NRICM101 merupakan obat herbal yang dikembangkan National Research Institute of Chinese Medicine (NRICM) pada 2020 di Taiwan yang berfungsi mencegah replikasi virus dan menekan badai sitokin.

Di Taiwan, obat herbal ini dikenal dengan nama brand Coflu Remedy. Obat ini dapat digunakan sebagai pengobatan pendamping bersamaan dengan obat modern. ”NRICM101 dapat menghambat proses infeksi virus dan menekan efek peradangannya, memberikan dampak yang cukup baik terhadap tingkat paparan Covid-19 di negara tersebut,” katanya.

Dari data yang ada, kata dia, obat ini juga dapat menekan angka kematian di Taiwan akibat Covid-19. Sasat ini, Taiwan memiliki kasus Covid-19 sebanyak 16.205 kasus dengan angka kematian yang hanya 842 jiwa. ”Efektivitas yang cukup baik ini dihasilkan dari efek antivirus dan antiperadangan dari herbal yang digunakan sehingga dapat menghambat perkembangan virus SARS-Cov-2,” ucapnya.

Dia menambahkan, obat ini juga dapat digunakan oleh penderita Covid-19 gejala ringan dan berat. Tidak hanya itu, obat ini juga aman dikonsumsi untuk pasien yang memiliki komorbid. Sejumlah negara seperti Amerika Serikat, Australia, beberapa negara di Asia bahkan Eropa telah menggunakan obat ini untuk menekan Covid-19. ”Hadirnya obat ini diharapkan memberikan dampak positif dalam penanganan hingga pencegahan Covid-19 di Indonesia,” katanya.

Dia menambahkan, DNR yang ditopang jaringan distribusi di seluruh Indonesia telah mempersiapkan diri agar dapat mendistribusikan obat ini ke masyarakat di seluruh pelosok negeri. “Dengan network yang dimiliki DNR di hampir 3.000 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia, DNR siap mendistribusikan NRICM101. Obat ini diharapkan bermanfaat bagi kesehatan terutama dalam penganan Covid-19 secara merata di 32 provinsi di Indonesia,” kata Gary Tanoesoedibjo.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1999 seconds (0.1#10.140)