UI Menuju Entrepreneurial University dan Smart Campus

Rabu, 04 Agustus 2021 - 08:47 WIB
loading...
UI Menuju Entrepreneurial University dan Smart Campus
Ima Mayasari, Staf Khusus Rektor UI Bidang Regulasi, Dosen Ilmu Administrasi Negara UI dan Praktisi Hukum.
A A A
Ima Mayasari
Staf Khusus Rektor UI Bidang Regulasi, Dosen Ilmu Administrasi Negara UI dan Praktisi Hukum

MODEL pengembangan Entrepreneurial University menjadi semakin populer bagi universitas di dunia yang berorientasi pada riset. Keberadaanya tentunya tidak hanya membutuhkan unit penelitian, juga Technology Transfer Office (TTO), Technology Licensing Offlice (TLO), Business Development, dan perusahaan yang dikembangkan berdasarkan hasil riset dan inovasi baik spin-off maupun start-up.

Bersamaan dengan model Entrepreneurial University juga penting mengembangkan Smart Campus dimana lanskap pendidikan tinggi berada di persimpangan pergeseran digital.

Universitas inovatif menyadari pentingnya transformasi teknologi yang memungkinkan ekosistem yang terhubung secara digital. Mahasiswa membutuhkan universitas yang melayani secara intuitif dan praktik inovatif yang memanfaatkan teknologi, sebagaimana halnya QS World University Rangkings yang membandingkan universitas top dunia dan menjelajahi universitas terkemuka berdasarkan region dan subject.

QS menampilkan 1.300 universitas dari seluruh dunia, peringkat universitas yang terbesar di tahun ini, dengan penilaian pada 6 (enam) metrik utama yaitu Academic Reputation, Employer Reputation, Faculty/Student Ratio, Citations per Faculty, International Faculty Ratio, dan International Student Ratio.

Kita bisa melihat bersama bagaimana Massachusetts Institute of Technology (MIT), University of Oxford, Standford University, University of Cambridge dan Harvard University mentata kelola universitas nya dengan baik untuk mempertahankan reputasi mereka sebagai World Class University dengan peringkat 5 top universitas terbaik dunia dalam QS World University Rangkings.

Pada sisi lain, Times Higer Education (THE) Rangkings, menempatkan University of Oxford yang menduduki peringkat teratas 5 tahun berturut-turut, sementara Tsinghua University menjadi universitas Asia pertama yang masuk ke ranking 20 besar dunia dari 1.500 universitas yang dinilai.

Posisi UI dan Tata Kelola Masa Depan

Entrepreneurial University dan Smart Campus, menjadi model transformasi UI yang lebih inovatif dan "agile". UI telah memulai untuk melakukan perubahan dalam pengembangan inovasi yang unggul dengan penataan pada Intellectual Property (IP) Management yang bertumpu pada Intellectual Capital dimana pengetahuan digunakan untuk menciptakan value; Intellectual Assets dimana pengetahuan dikemas untuk menciptakan value; dan Intellectual Property yang melindungi intellectual capital itu sendiri.

Kesemuanya terhubung secara holistik dalam konsepsi scientific and technology R&D, inovasi, dan HKI. Sampai saat ini kurang lebih 500 paten dan 4.500 hak cipta serta kekayaan intelektual lainnya yang dihasilkan oleh UI, dan masih menempati posisi tertinggi perolehan HKI dalam pemeringkatan perguruan tinggi di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2840 seconds (0.1#10.140)