Target Percepatan Vaksinasi di Agustus Sampai 2 Juta Dosis Per Hari

Selasa, 27 Juli 2021 - 21:46 WIB
loading...
Target Percepatan Vaksinasi di Agustus Sampai 2 Juta Dosis Per Hari
Dialog tentang vaksinasi COVID-19 yang disiarkan di FMB9ID_IKP, Selasa (27/7/2021). FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong percepatan vaksinasi dengan target 1 juta penyuntikan dosis vaksin COVID-19 per hari selama Juli. Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa vaksinasi akan terus digenjot sampai menyentuh angka 2 juta dosis per hari di Agustus demi memperluas cakupan dan memenuhi target herd immunity.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi mengatakan, hingga 26 Juli 2021, total ada 63 juta dosis vaksinasi telah disuntikkan, 45 juta dosis pertama dan 18 juta vaksin dosis kedua. "Cukup banyak yang sudah disuntikkan. Targetnya kita akan berikan vaksinasi kepada 208,2 juta orang, dari semula 181,5 juta, karena ada penambahan penerima vaksin golongan usia 12-17 tahun," katanya pada Dialog yang disiarkan di FMB9ID_IKP, Selasa (27/7/2021).

"Akselerasi untuk mencapai 1,5 juta vaksinasi per hari masih terus difokuskan. Sejak awal hingga minggu ketiga Juli, suntikan vaksinasi rata-rata sudah mencapai 1 juta dosis, dengan kisaran 900.000-1,1 juta per hari," katanya.

Baca juga: Kunjungi Sentra Vaksinasi di Jakpus, Anies: Ini Ikhtiar untuk Keluar dari Pandemi

Pada hari ini, kata Nadia, pemerintah telah mengamankan kembali 21,2 juta dosis vaksin COVID-19 untuk tambahan stok vaksinasi. "Alhamdulillah tadi siang baru terima vaksin Sinovac 21,2 juta dosis dalam bentuk bulk. Ini merupakan dosis terbesar yang pernah kita terima dan akan digunakan pada bulan Agustus untuk akselerasi vaksinasi," katanya.

Vaksin yang diterima itu berupa produk setengah jadi dan produk jadi. Vaksin yang datang dalam bentuk jadi akan diperiksa secara fisik dan dikontrol kualitasnya oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) guna memastikan vaksin berkualitas dan aman. Sedangkan vaksin dalam bentuk setengah jadi (bulk), akan diolah dulu oleh PT Biofarma dalam waktu 2 minggu, dan setelah jadi akan diperiksa oleh BPOM untuk memastikan kualitasnya.

"Kurang lebih tersedia 5-7,5 dosis vaksin dari Biofarma setiap minggunya, sehingga nanti akan ada 21,5 juta vaksin yang siap digunakan pada bulan Agustus," ungkap Nadia.

Baca juga: Besok, 4 Stasiun KRL Commuter Line Gelar Vaksinasi Massal Covid-19

Nadia menambahkan, saat ini pemerintah baru menerima sekitar 30% dari kebutuhan total 460 juta dosis vaksin. "Untuk itu pemda harus atur prioritasnya. Saat ini distribusi vaksin 50% fokus ke Jawa-Bali, dan dari wilayah itu distribusi fokus ke 57 kabupaten kota aglomerasi. Pembagian vaksin bisa tidak sama, karena harus difokuskan ke kabupaten/kota yang jumlah kasus dan laju penularannya sangat tinggi," katanya.

Guna menurunkan laju penularan serta fokus pada akselerasi vaksinasi, pemerintah berkolaborasi dengan TNI Polri untuk mendorong vaksinasi dosis pertama di kabupaten/kota, khususnya Jawa-Bali.

Pemerintah juga berkolaborasi dengan swasta dalam upaya percepatan vaksinasi dengan membuka sentra vaksinasi. Salah satunya dengan Traveloka untuk melakukan vaksinasi di bandara, karena bandara merupakan salah satu pintu keberangkatan dan kedatangan dengan traffic yang cukup tinggi, sehingga menjadi area yang pas untuk membuka sentra vaksinasi.

Menurut Head of Corporate Communications Traveloka, Reza Amirul, dalam waktu dua pekan membuka layanan vaksinasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sebanyak 14.000 orang telah berhasil divaksinasi di terminal 2 dan 3.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2627 seconds (0.1#10.140)