TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi untuk Masyarakat Maritim Sorong, Papua

Minggu, 25 Juli 2021 - 17:49 WIB
loading...
TNI AL Gelar Serbuan Vaksinasi untuk Masyarakat Maritim Sorong, Papua
Pasmar 3 TNI AL bersama Puskesmas Sorong dan Puskesmas Malawili menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim di Alun-alun Kota Baru Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Foto/Pen Kormar
A A A
JAKARTA - Pasmar 3 TNI Angkatan Laut (AL) bersama dengan Puskesmas Sorong dan Puskesmas Malawili menggelar serbuan vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat maritim di Alun-alun Kota Baru Aimas, Kabupaten Sorong, Papua Barat. Sabtu, 24 Juli 2021.

Vaksinasi massal tersebut merupakan komitmen TNI AL dalam mendukung pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah satunya, dengan mengerahkan tenaga kesehatan dan peralatan yang ada guna menyukseskan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritim.

Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, mengatakan, serbuan vaksinasi yang gencar dilaksanakan TNI AL dalam hal ini Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 di wilayah Sorong merupakan perintah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan arahan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono, dalam rangka mendukung program nasional 1 juta orang tervaksin dalam sehari.

”Serbuan vaksinasi ini bertujuan untuk menyediakan pelayanan vaksin bagi masyarakat maritim yang belum mendapatkan vaksinasi Covid-19 khususnya di wilayah Kabupaten Sorong,” ucapnya. Baca juga: Kerahkan Puluhan Perahu Karet, Wakasal Pimpin Serbuan Vaksin di Muara Gembong

Dalam kegiatan ini, kata dia, pihaknya menyediakan 300 dosis vaksin sinovac. Bagi masyarakat yang hendak divaksin, mereka harus memenuhi beberapa persyaratan seperti, berumur minimal 18 tahun dan diwajibkan membawa identitas diri berupa Kartu Tanda Penduduk (KTP). Tidak hanya itu, masyarakat juga harus melewati protokol kesehatan seperti pengecekan suhu badan serta pengecekan tekanan darah.

Bersamaan dengan itu, Universitas Pendidikan Muhammadiyah (Unimuda) Sorong juga melaksanakan serbuan vaksinasi kepada masyarakat maritime. Kegiatan vaksinasi massal yang diprakarsai Koarmada III, Lantamal XIV dan Pasmar 3 ini ditinjau langsung Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Irvansyah, Danlantamal XIV Brigjen TNI (Mar) Markos, Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Edi Juardi, Rektor Unimuda Sorong Rustamadji dan pejabat lainnya. Baca juga: Hari Ini 1.266 Orang Meninggal, Paling Banyak di Jawa Timur

Serbuan vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan sejak 6 Juli 2021 oleh satuan TNI AL di wilayah Sorong ini tercatat sudah 6.000 lebih orang yang divaksin. Sedangkan, untuk vaksinasi di Unimuda, jumlah peserta yang divaksin sebanyak 205 orang. “Target kita hari ini adalah 305 dosis vaksin. Kita siap membantu serta melayani masyarakat yang akan melaksanakan vaksinasi guna untuk menyukseskan sehari 1 juta vaksinasi,” pungkas Pangkoarmada III.

Danpasmar 3 menambahkan, kekebalan imunitas atau Herd Immunity akan dicapai apabila sudah ada 80% masyarakat yang divaksin. ”Pemerintah sedang mengupayakan itu dan kita sama-sama mendukung. Semoga segera tercapai, agar masyarakat bisa beraktifitas normal seperti sediakala,” ucapnya.
(cip)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2382 seconds (11.97#12.26)