Hikmah di Balik Pandemi, Sandiaga: Mendorong Inovasi dan Kolaborasi

Kamis, 22 Juli 2021 - 17:41 WIB
loading...
Hikmah di Balik Pandemi, Sandiaga: Mendorong Inovasi dan Kolaborasi
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno menilai, pandemi virus Corona (Covid-19) yang terjadi ini, mendorong munculnya berbagai inovasi di bidang tenaga kerja. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menilai, pandemi virus Corona (Covid-19) yang terjadi ini, mendorong munculnya berbagai inovasi di bidang tenaga kerja.



Maka dari itu, penting untuk melihat dan mencari peluang di masa sulit ini. Salah satunya adalah menjadi bagian dari transformasi yang diakselerasi oleh proses digitalisasi.

"Ini adalah bagian daripada transformasi yang diakselerasi oleh proses diigtialisasi. Peningkatan disrupsi digital ini menjadi peluang dan tantangan pada waktu bersamaan. Saya yakin ekonomi kreatif kita akan mempu menjawab tantangan tersebut dengan menghadirkan talenta yang bisa mengisi ekosistem dari ekonomi digital," jelas dia.

Sandiaga mengungkapkan, di masa pandemic Covid-19 ini, beberapa sektor digital terus mengalami perkembangan, seperti games developer, televisi, dan konten kreatif. Sementara di sektor ekonomi kreatif yaitu kuliner, fashion, dan kria tetap mendominasi.

"Data yang menggembirakan, dan kita melihat akselerasi digitalisasi ini mendorong masyarakat yang tadinya berjualan online untuk menciptakan konten kreatif. Kita berharap mampu menjadi pemenang dengan tetap bertahan dan menciptakan peluang kerja untuk masyarakat kita, terutama berkaitan dengan transformasi menuju digitalisasi," ungkap pria yang akrab disapa Mas Menteri ini.

Saat ini, sudah ada beberapa program Kemenparekraf yang bisa menciptakan pertumbuhan ekonomi kreatif, seperti Beli Kreatif Lokal, Beli Kreatif Danau Toba, dan juga Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1344 seconds (0.1#10.140)