Kasus Positif Harian Covid-19 di Indonesia Tertinggi di Dunia, Lampaui Inggris dan India

Jum'at, 09 Juli 2021 - 14:53 WIB
loading...
Kasus Positif Harian Covid-19 di Indonesia Tertinggi di Dunia, Lampaui Inggris dan India
Satgas Penanganan Covid-19 mencatat penambahan kasus positif harian di Indonesia tertinggi di dunia, bahkan disebut telah melampaui Inggris dan India. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 mencatat bahwa penambahan kasus positif harian di Indonesia adalah yang tertinggi di dunia, bahkan disebut telah melampaui Inggris dan India.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19, Hery Trianto mengatakan penambahan kasus positif di Tanah Air telah mencapai 38.000 perhari, pada Kamis 8 Juli 2021, kemarin.

"Penularan harian kita sekarang sudah tertinggi di dunia, positif harian, kemarin sudah 38.000. Ini di atas Inggris bahkan di atas India," ucap Hery saat berbincang dengan Stafsus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rachman melalui Instagram Live, Jumat (9/7/2021).

Hery berujar, tingginya angka positif harian Indonesia salah satunya disebabkan oleh meningkatnya testing yang dilakukan oleh aparat terkait. Di Juli 2021 saja jumlah testing perhari mencapai 200.000 orang. "Memang kalau dilihat lebih dalam testing kita meningkat pesat. Juni rata-rata testing harian kita 100.000, sekarang 200.000, jadi semakin banyak testing kemungkinan ditemukan kasus semakin besar. Itu bagus, jadi kita bisa mitigasi risiko lebih baik," tuturnya.

Di samping massifnya testing, Hery mengungkapkan angka riil penularan virus Corona di Indonesia memang cukup mengkhawatirkan. Karena itulah pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat untuk menekan laju infeksi virus Corona.

Hery mengaku sulit meyakinkan masyarakat untuk tetap berada di rumah pada masa PPKM Darurat. "Penyebabnya macam-macam ada sebagian yang bekerja di sektor informal dan ada juga yang di sektor formal tapi kantornya tetap meminta masuk. Jadi dua solusinya bisa berbeda," tutup Hery. Fahreza Rizky
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1832 seconds (0.1#10.140)