Menkes Apresiasi Alumni Kanisius Vaksinasi 5.000 Orang Per Hari

Senin, 05 Juli 2021 - 13:09 WIB
loading...
Menkes Apresiasi Alumni Kanisius Vaksinasi 5.000 Orang Per Hari
Menkes Budi Gunadi Sadikin membuka vaksinasi massal yang digelar Alumni Kanisius Menteng 64. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Alumni Kanisius Menteng 64 menggelar vaksinasi Covid-19 di Balai Sidang Jakarta Convention Center, Senin (5/7/2021). Kegiatan ini diapresiasi Menteri Kesehatan ( Menkes ) Budi Gunadi Sadikin.

Ketua Umum Alumni Kanisius Menteng 64 Irlan Suud menjelaskan, vaksinasi tahap pertama dimulai 5-18 Juli 2021 untuk warga negara Indonesia, khususnya warga DKI Jakarta atau yang beraktivitas di Jakarta. Sedangkan vaksinasi tahap kedua bakal dilakukan pada 2-15 Agustus 2021. Penerima vaksinasi tahap pertama dan kedua ditargetkan mencapai 5.000 orang per hari atau totalnya mencapai 70 ribu orang.

Vaksin yang disuntikkan kepada warga penerima adalah Sinovac, dan semuanya dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. "Dengan semangat, kami harus dapat selalu berbuat sesuatu untuk orang lain, dan kami sepakat harus sama-sama membantu pemerintah dalam menanggulangi pandemi Covid-19 ini," ujar Irlan.

Yang menjadi sasaran vaksinasi ini, kata Irlan, adalah masyarakat umum, khususnya warga DKI, domisili DKI, serta yang bekerja dan mencari nafkah di DKI. "Kita dorong supaya vaksinasi bisa terus dilakukan, herd immunity tercipta, dan ekonomi kembali berjalan baik," tambah Irlan.



Rektor Kolese Kanisius Pater Heru Hendarto SJ menuturkan, vaksinasi yang dilakukan mulai hari ini adalah bentuk gotong royong nasional kemanusiaan. Dirinya berharap, vaksinasi itu dapat meringankan beban pemerintah dan masyarakat dalam usaha bersama menangani pandemi Covid-19. "Kolaborasi ini kolaborasi indah, di tengah suasana penuh penderitaan di tengah masyarakat, kita butuh kolaborasi yang semakin kokoh," ujar Heru.

Kegiatan vaksinasi massal ini secara resmi dibuka Menkes Budi Gunadi Sadikin. Budi menilai kegiatan yang dilakukan alumni Kanisius dengan memvaksin 5.000 orang per hari adalah wujud gotong royong positif dalam upaya menangani pandemi Covid-19. "Sekolah Kanisius spirit solidaritasnya sangat tinggi, semoga bisa menular ke yang lain," kata Budi dalam sambutan yang disampaikannya secara virtual.

Budi menambahkan, pemerintah Indonesia menargetkan vaksinasi terhadap 210 juta warga negara Indonesia, atau membutuhkan 420 juta dosis vaksin Covid-19 untuk usia remaja hingga lansia. Budi mengatakan, vaksinasi baru dilakukan sebanyak 46 juta dosis sampai Juni 2021.



Jika target 420 juta dosis vaksin ingin dicapai hingga akhir Desember 2021, kebutuhan vaksinasi yang harus diwujudkan adalah 2 juta hingga 2,5 juta dosis vaksin per hari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)