Peti Berbalut Merah Putih, Rachmawati Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19

Sabtu, 03 Juli 2021 - 19:11 WIB
loading...
Peti Berbalut Merah Putih, Rachmawati Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19
Petugas dengan APD lengkap mengangkat peti jenazah Rachmawati Soekarnoputri terbalut Merah Putih turun dari ambulance di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Sabtu (3/7/2021). FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE.
A A A
JAKARTA - Jenazah Rachmawati Soekarnoputri telah dikebumikan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat, sekira pukul 14.00 WIB, dengan prosedur sesuai protokol Covid-19 atau virus corona.

Diketahui, Rachmawati meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Sabtu (3/7/2021) hari ini. Ia mengembuskan napas terakhirnya setelah berusaha melawan virus corona di tubuhnya.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di YouTube PDI Perjuangan, sebelum jenazah tiba di TPU Karet Bivak, tampak petugas dengan berpakaian Alat Pelindung Diri (APD) telah bersiap di depan pintu masuk lokasi pemakaman tersebut. Adapula personel TNI dan Satpol PP menjaga proses penguburan tersebut.

Baca juga: Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

Tak lama, jenazah yang dibawa dengan mobil ambulans warna putih berlogo Pemprov DKI pun tiba di lokasi. Saat diturunkan, terlihat bahwa peti mati Rachmawati dibalut dengan bendera Indonesia atau Sang Saka Merah Putih. Tak ada orang yang mendekat selain petugas berpakaian APD.

Setelah diturunkan dengan petugas APD, peti mati langsung menuju liang lahat yang telah digali di Blok AA 1 Blad 7 TPU Karet Bivak. Di sana, petugas makam sudah siap sedia membantu petugas menurunkan peti ke dalam peristirahatan terakhirnya.

Pemakaman dilakukan secara sipil atau tidak digelar secara upacara militer atau yang lainnya.

Peti Berbalut Merah Putih, Rachmawati Dimakamkan Sesuai Protokol Covid-19


Saat proses itu, terlihat beberapa kerabat, ustaz yang membaca doa dan awak media hadir dalam prosesi pemakaman. Namun, mereka tidak boleh mendekat sebelum jenazah dikubur ke dalam tanah.

Baca juga: Duka Mendalam Megawati atas Wafatnya Rachmawati Soekarnoputri

Bagi kerabat atau kolega diperbolehkan beridiri di suatu tenda dengan jarak sesuai aturan protokol Covid-19. Tempat itu juga dilengkapi dengan kaca transparan.

Usai peti mati dikubur dengan tanah, ustaz pun langsung membacakan doa agar almarhumah tenang dan diterima di sisi Tuhan YME.

Kerabat dan kolega pun diperkenankan untuk melakukan tabur bunga usai doa. Pihak keluarga juga menyampaikan sepatah dua patah terkait sosok Rachmawati semasa hidupnya.

Mereka juga diperbolehkan melakukan sesi foto sebagai kenangan terakhir kalinya di makam Rachmawati. Namun, petugas terlihat selalu melakukan penyemprotan disinfektan kepada kolega dan keluarga saat tabur bunga dan sesi foto.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)