Percepat Digitalisasi di NTT, Pemerintah Menggelar Program Kupang Makin Cakap Digital

Selasa, 29 Juni 2021 - 00:00 WIB
loading...
A A A
"Pembangunan pengguna internet ini mencakup penguatan kecakapan yang komprehensif di seluruh lini, yakni di tingkat dasar melalui Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi Kementerian Kominfo," tutur Menkominfo.

Ia menerangkan kegiatan ini setiap tahun diharapkan dapat meliterasi 12,5 juta masyarakat hingga mencapai total akumulasi 50 juta masyarakat pada 2024.

Sementara di Provinsi NTT, program ini diharapkan dapat menjangkau 198.323 peserta pelatihan literasi digital di 2021.

"Inisiasi “Indonesia Makin Cakap Digital”, khususnya Program Literasi Digital, diteguhkan kembali oleh Bapak Presiden Joko Widodo pada Hari Kebangkitan Nasional, 20 Mei 2021 lalu," tuturnya.

Bekali Warganet
Johny mengungkapkan Program Literasi Digital Nasional “Indonesia Makin Cakap Digital” ditujukan untuk membekali warganet dalam berinteraksi di ruang digital. Membekali baik dari segi etika (digital ethics), kemampuan (digital skill), keamanan (digital safety) hingga budaya digital (digital culture).

Bekal ini akan mendukung masyarakat untuk semakin memanfaatkan internet dalam berbagai hal, mulai dari aktivitas produktif, meningkatkan ketahanan masyarakat dalam memilah dan merespon konten negatif.

"Selain itu juga mendorong masyarakat untuk menyebarkan konten-konten positif yang berhikmat, penuh kata-kata berkat, dan bernafaskan toleransi,” katanya.

Hal ini selaras dengan harapan Gubernur NTT. Ia menyampaikan bila orang memiliki kesehatan, orang memiliki harapan. Bila orang memiliki harapan dia memiliki segalanya. Orang sehat, pemuda yang sehat akan bekerja keras untuk mencapai harapan.

"Kuncinya jangan menjadi pemuda yang malas," ujarnya.

Ia juga berharap apa yang dilakukan Menkominfo, mampu membimbing, dan membantu pemuda memiliki harapan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)