Pacu Aktivitas Fisik untuk Jaga Kesehatan Anak di Masa Pandemi

Kamis, 24 Juni 2021 - 06:05 WIB
loading...
A A A
“Romantisme itu hilang. Itu sebenarnya sebuah experience hidup yang penting. Berinteraksi dengan teman dan guru baru. Kemudian, kompetisi yang sehat bersama teman di lingkungan sekolah. Itu hilang. Bisa jadi ini mengganggu anak-anak dalam setahun atau dua tahun ini,” tuturnya.

Dalam pandangannya, situasi sekarang seperti maju-mundur kena bagi anak-anak. Di satu sisi, virus mengancam kesehatan dan nyawa. Di sisi lain, mereka membutuhkan kegiatan. Husein menyarankan para orang tua untuk mengajak anaknya berolahraga pagi di sekitar rumah, misalnya bersepeda dan jalan santai, pada pagi hari.

Setelah sholat subuh, situasi biasanya masih sepi. Ini akan meminimalisir pertemuan dengan orang lain atau kerumunan. “Kemudian mengurangi yang terlalu banyak duduk dan bermain game. Itu perilaku yang jika terlalu sering tidak sehat. Mata sering berinteraksi dengan layar gadget pin kurang sehat,” tegasnya.

Kecanduan game, menurutnya, dalam jangka panjang bisa merusak sensor otak. Orang tua sebaiknya memanfaatkan halam rumah untuk mengajak anak berkebun. Anak-anak bisa diminta membantu menggali, menanam, dan menyiram tanaman. Anak-anak perlu dilatih untuk mendapatkan kesehatan yang baru dan baik untuk tumbuh kembangnya.

Alternatif lain, orang tua bisa mengajari anak-anak memelihara hewan, seperti kucing dan ikan cupang. Husein mengungkapkan ada hal yang kerap luput dari perhatian banyak pihak terkait kesehatan dan tumbuh kembang anak. Pada awal pandemi, layanan imunisasi wajib dan rutin sempat tidak berjalan. Lonjakan kasus Covid-19 saat ini dikhawatirkan akan membuat layanan imunisasi di posyandu-posyandu tidak berjalan. “Kalau mereka enggak dapat akan berpengaruh di masa mendatang untuk mencegah penyakit pada anak,” kata dia.

Epidemiolog Universitas Indonesia (UI) Tri Yunis Miko Wahyonio meminta para orang tua harus kreatif dalam menciptakan aktivitas di tengah pandemi ini. Yang paling utama, harus berani membatasi anak-anak bermain menggunakan gawai. Menurutnya, anak-anak itu harus diajarkan tentang manajemen waktu. “Jadi kalau (anaknya) main terus, ya (kasih tahu) jangan main terus,” ujarnya kepada Koran SINDO, Rabu (23/6/2021).

Tri Yunis menegaskan anak-anak bukan berarti boleh keluar rumah sama sekali. Mereka tetap boleh keluar asal taat akan protokol kesehatan (prokes), seperti menggunakan masker. Para orang tua bisa mengajak mereka ke taman-taman yang ada di sekitar rumah. “Apa (kegiatan) yang menyenangkan buat orang tua dan anaknya. Ayo jalan-jalan, ke tempat yang ada mainanya di luar bukan di mall,” katanya.
(ynt)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4112 seconds (0.1#10.140)