Semua Suspect yang Meninggal Dimakamkan seperti Positif Corona

Senin, 20 April 2020 - 15:56 WIB
loading...
Semua Suspect yang Meninggal Dimakamkan seperti Positif Corona
Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, semua suspect corona yang meninggal, dimakamkan selayaknya pasien positif corona. Foto/Yulianto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 yang juga Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengatakan, semua suspect corona yang meninggal akan tetap dimakamkan selayaknya pasien positif corona. Hal ini dilakukan sambil menunggu hasil tes keluar.

"Semua pasien dimakamkan secara covid, sampai akhir hasilnya keluar baru bisa diputuskan jenazah itu statusnya covid atau noncovid," katanya seusai rapat terbatas, Senin (20/4/2020).

(Baca juga: Nasib WNI Perantauan di Tengah Wabah Covid-19)

Dia mengatakan bahwa hal ini dilakukan karena mengacu pada peristiwa meninggalnya seorang pejabat yang dimakamkan secara reguler. Pada saat meninggal hasil tes corona belum keluar. "Setelah beberapa hari tenyata ditemukan positif covid," ungkapnya.

Doni mengatakan langkah ini dilakukan agar hal tersebut tidak terulang lagi. Sehingga semua pasien suspect corona dimakamkan sesuai prosedur pasien positif corona.

"Untuk menghindari agar tidak terjadi lagi pasien yang meninggal noncovid atau covid salah dalam melakukan analisa, salah dalam mengambil keputusan, maka semua pasien yang meninggal dunia diperlakukan sebagai pasien covid. Dan setelah ada hasilnya, kementerian Kesehatan baru bisa memutuskan pasien itu positif atau negatif," pungkasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1392 seconds (0.1#10.140)