Perlu Segera Rumuskan Langkah Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Rabu, 09 Juni 2021 - 19:29 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan, upaya penting lainnya dengan mempersiapkan pelayanan kesehatan primer, seperti Puskesmas dan klinik dalam penanganan Covid-19, sebagai unit layanan yang terdekat dengan masyarakat.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan, Oscar Prima mengungkapkan, setelah libur panjang biasanya terjadi peningkatan kasus positif Covid-19.

Semestinya, kata dia, potensi penyebaran Covid-19 bisa ditekan dengan disiplin tinggi menjalankan prokes.

Pandemi Covid-19 dikatakannya memberi pelajaran kepada masyarakat agar mampu beradaptasi dengan cepat menyikapi sejumlah kondisi yang kerap berubah.

Kepala Bidang Perubahan Perilaku Satgas Pengendalian Covid-19, Sonny Harry B Harmadi menegaskan perjuangan seharusnya berhenti ketika menang, bukan ketika kita lelah.

Sangat disayangkan, kata dia, sebagian masyarakat saat ini terlihat lelah dalam berjuang melawan Covid-19.

Dia mengungkapkan, pihaknya sudah melaksanakan berbagai upaya untuk menanamkan perubahan perilaku dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini.

Hasilnya, kata dia, pemahaman masyarakat terkait disiplin Prokes sudah baik, hanya saja motivasi untuk melaksanakan Prokes naik turun. Sonny menegaskan, pihaknya saat ini fokus dengan berbagai upaya untuk terus meningkatkan motivasi masyarakat dalam menjalankan Prokes.

Epidemiolog FKM Unair, Atik C Hidajah berpendapat, keberhasilan proses pengendalian Covid-19 dari sisi epidemiologi sangat dipengaruhi oleh data, analisis, tindakan dan indikator yang tepat.

Menurut Atik, hasil testing dan tracing seharusnya menjadi perhatian dalam proses pengendalian Covid-19.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1264 seconds (0.1#10.140)