Keterisian RS Tinggi, Satgas Sarankan Rumah Sakit Tempuh Langkah Ini

Rabu, 09 Juni 2021 - 19:04 WIB
loading...
Keterisian RS Tinggi, Satgas Sarankan Rumah Sakit Tempuh Langkah Ini
Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito menungkapkan beberapa langkah yang bisa dilakukan jika keterisian tempat tidur atau BOR di RS tinggi. Foto/BNPB
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 , Wiku Adisasmito menungkapkan beberapa langkah yang bisa dilakukan jika keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) di rumah sakit (RS) tinggi. Salah satunya adalah mengkonversi tempat tidur di RS menjadi untuk pelayanan COVID-19.

“BOR yang tinggi dapat diturunkan dengan mengkonversi tempat tidur biasa menjadi tempat tidur untuk pelayanan COVID-19. Atau bisa juga mentransfer pasien ke rumah sakit di wilayah terdekat,” ujarnya dalam konferensi persnya, Rabu (9/6/2021).

Dia juga mengatakan untuk pasien dengan gejala ringan dan tanpa gejala diusahakan untuk melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing. Jika memungkinkan atau di tempat isolasi terpusat jika tersedia di daerahnya masing-masing.

“Apabila pasien lama sudah mulai menunjukkan perbaikan gejala segera tindaklanjuti dengan merujuknya untuk isolasi mandiri jika memungkinkan. (Ini) agar beban rumah sakit tidak semakin berat,” jelasnya.

Dia meminta kepada seluruh kepala daerah untuk terus memantau perkembangan daerahnya masing-masing. Hal ini agar kondisi COVID-19 dapat segera ditangani dengan cara terbaik sesuai dengan situasi yang dihadapi di masing-masing daerah.

“Jika seluruh daerah dapat melakukannya maka kondisi kritis pada beberapa daerah ini dapat segera terlewati tanpa memakan korban jiwa,” pungkasnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3473 seconds (0.1#10.140)