Langkah Satgas Mencegah Meledaknya Kasus Kematian Pasien Corona

Jum'at, 04 Juni 2021 - 16:09 WIB
loading...
Langkah Satgas Mencegah Meledaknya Kasus Kematian Pasien Corona
Sagas melaporkan angka kematian Covid-19 sudah lebih dari 50.000 orang. Bahkan, angka kematian Covid-19 di Indonesia ini merupakan tertinggi di Asia Tenggara. Foto/SINDOnews/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melaporkan angka kematian Covid-19 (virus Corona) di Tanah Air sudah lebih dari 50.000 orang. Bahkan, angka kematian Covid-19 di Indonesia ini merupakan yang tertinggi di Asia Tenggara berdasarkan WHO Covid-19 Dashboard.



Selain itu, Fathiyah juga mengatakan untuk pasien Corona yang melakukan isolasi mandiri, juga perlu dilakukan koordinasi dengan Puskesmas agar bisa terus memantau pasien yang melakukan isolasi mandiri.

"Kan kalau yang ringan kan mereka melakukan isolasi mandiri di rumah. Juga kita juga koordinasi dengan Puskesmas-Puskesmas agar terus memantau pasien-pasien yang isolasi Mandiri apabila dia dengan gejala nanti gejala sedang dia harus segera melaporkan dan rumah sakit untuk mendapatkan tatalaksana secepatnya," paparnya.

Pasalnya, jika pasien Covid-19 yang sedang melakukan isolasi mandiri kemudian bergejala dan dibiarkan berlarut bisa berpotensi memperberat keadaan pasien tersebut dan bisa berakibat fatal.

"Kita tahu kalau misalnya Covid-19 ini kalau misalnya dibiarkan berlarut-larut pasien dalam sudah keadaan yang berat ke rumah sakit, apabila pasien sudah dalam keadaan berat ke rumah sakit, maka akan lebih buruk dibandingkan dengan pasien yang cepat mendapatkan tatalaksana," katanya.

Selain itu, Fathiyah juga mengatakan pengetahuan dokter baik dokter spesialis yang menangani pasien Covid-19 bisa ditingkatkan. "Jadinya lebih untuk peningkatan pengetahuan dokter, baik dokter umum maupun dokter spesialis yang terkait dengan penanganan Covid-19 ini," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1935 seconds (0.1#10.140)