Jangan Anggap Remeh Gejala Long Covid, Berisiko Tinggi Rusak Jaringan Tubuh

Kamis, 03 Juni 2021 - 23:20 WIB
loading...
Jangan Anggap Remeh Gejala Long Covid, Berisiko Tinggi Rusak Jaringan Tubuh
Masyarakat perlu mewaspadai adanya gejala Long Covid yang kerap muncul saat ini. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Masyarakat perlu mewaspadai adanya gejala Long Covid yang kerap muncul saat ini. Gejala Long Covid membuat pasien berisiko mengalami kerusakan jaringan tubuh.

Berdasarkan penelitian Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, 53,7 persen pasien merasakan gejala Long Covid selama satu bulan, 43,6 persen selama 1-6 bulan, dan 2,7 persen lebih dari 6 bulan.

“Gejala Long Covid dimulai dari pelemahan fisik secara umum, sesak napas, nyeri sendi, nyeri otot, batuk, diare, kehilangan penciuman, dan pengecapan.” ujar Kabag Pembinaan Fungsi RS Bhayangkara TK I R Said Sukanto, Yahya, dalam sebuah diskusi via Zoom, Kamis (3/6/2021).



Yahya menjelaskan, secara demografi pasien laki-laki lebih besar peluangnya terkena efek dari gejala Long Covid. Hal itu didasari dari gaya hidup pasien laki-laki

"Salah satu alasannya karena gaya hidup merokok. Biasanya juga pasien Covid-19 yang bergejala berat atau mungkin yang berhasil sembuh setelah dibantu ventilator memiliki kemungkinan yang lebih besar untuk menderita Long Covid ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Yahya mengatakan, gejala Long Covid salah satunya juga dipicu kondisi psikologis pasien. Misalnya, membuat pasien cepat cemas dan mengalami depresiasi.

Jangan Anggap Remeh Gejala Long Covid, Berisiko Tinggi Rusak Jaringan Tubuh


Maka dari itu, Yahya mengusulkan kepada pasien apabila merasakan gejala-gejala Long Covid setelah dinyatakan sembuh, diharapkan terus berkonsultasi kepada dokter.

“Memang ada kelemahan seseorang gampang cemas, gampang depresi, ini juga faktor yang membuat seseorang Long Covid,” ungkapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1936 seconds (0.1#10.140)