Israel Bombardir Palestina, Cendekiawan Muslim Minta Jokowi Telepon Joe Biden

Jum'at, 21 Mei 2021 - 09:29 WIB
loading...
A A A
Seperti Azyumardi, Sidqon juga berharap Indonesia bisa lebih berperan dalam menyelesaikan konflik di Timur Tengah. “Tampaknya konflik ini tidak bisa diselesaikan orang Arab. Insyaallah diselesaikan orang Indonesia yang mayoritas Muslim. Kalau mau menyesalaikan, kita harus berdiri di tengah,” katanya dalam kesempatan sama.

Rektor UIN Jakarta Amany Lubis menuturkan, dunia internasional perlu terus mendorong Fatah dan Hamas bersatu. Kata Amany, konflik faksi-faksi di Palestina jadi masalah tersendiri dalam melawan Israel. Dia percaya dengan diplomasi yang kuat konflik di Timur Tengah bisa selesai.

”Konflik ini sulit untuk diselesaikan, tapi dengan kemauan dan kebersamaan dunia bisa diselesiakan meski tidak tahu kapan. Fungsi OKI sebenarnya sangat vital. Semoga Palestina bisa berdiri negara merdekanya, tempat suci agama bisa terjaga. Jadi tidak hanya membela secara politik, tapi menjaga situs agama juga jadi kewajiban,” ungkap Amany.

Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan, baik Palestina maupun Israel berkontribusi pada konflik. Menurut aktivis HAM ini, tidak ada pihak paling benar. Konflik ini semakin rumit karena ada narasi perang agama. Padahal yang terjadi adalah keinginan Israel menguasai Palestina.

Hendardi mengecam karena faktanya Israel juga menghabisi manusia, termasuk anak-anak dan perempuan. “Apa yang dilakukan Israel bukan hanya perebutan tanah, tapi penghancuran kemanusiaan. Israel mengabaikan jaminan perlindungan hak asasi manusia dalam perang. Sekalipun perang, seharusnya tetap patuh hukum hak asasi manusia,” tutur Hendardi.

Selain membunuh anak-anak dan perempuan, serangan Israel juga menghancurkan sarana dan prasarana kesehatan. Banyak tenaga kesehatan yang ikut jadi korban. Hendardi menilai hal itu jelas melanggar Konvensi Jenewa yang juga Isreal tanda tangani.

Menurut dia, untuk menyelesaikan konflik Palestina dan Israel, paling penting adalah dukungan politik internaional. “Langkah utama mesti dimulai dari jalur politik dengan menggalang dukungan internasional. Produknya mendorong gencatan senjata, menghentikan permusuhan, dan menjajaki dialog,” kata Hendardi.

Sementara itu, Mantan Duta Besar Indonesia di Spanyol Yuli Mumpuni Widarso menilai konflik antara Palestina dengan Israel bukan terkait isu agama. Tapi penyerangan terhadap situs Islam di Palestina tentu menyakiti perasaan dan berhasil memancing emosi umat Muslim.

Dia mengajak masyarakat Indonesia menyikapi masalah ini dengan nalar dan nurani. “Jangan terkecoh dengan lobi Israel yang begitu gencar. Fakta sejarah bahwa Israel melalukan pendudukan dengan cara-cara tidak manusiawi. Kita harus mendorong masalah ini ke pengadilan pidana internasional,” pungkasnya.
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4584 seconds (0.1#10.140)