Lemkapi: Pendekatan Restorative Justice buat Wajah Pelayanan Polri Semakin Humanis

Selasa, 18 Mei 2021 - 15:59 WIB
loading...
Lemkapi: Pendekatan Restorative Justice buat Wajah Pelayanan Polri Semakin Humanis
Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. FOTO/DOK.MPI/ARIF JULIANTO
A A A
JAKARTA - Program Presisi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo yang mengedepankan pendekatan restorative justice (keadilan restoratif) akan membuat wajah pelayanan kepolisian semakin humanis.

Pada 100 hari kinerja Kapolri, seluruh jajaran polri telah menyelesaikan sedikitnya 1.864 laporan yang diadukan masyarakat kepada kepolisian. Upaya pendekatan restorative justice adalah penyelesaian laporan masyarakat yang mengedepankan penyelesaian yang melibatkan korban dan terlapor serta dalam penyelesaiannya kerap melibatkan perwakilan masyarakat dengan harapan akan semakin memberi rasa keadilan kepada masyarakat.

Setelah konsep ini diterapkan di level polsek dan polres hingga 100 hari pertama kinerja Kapolri, program ini berdasarkan penelitian di lapangan, banyak diapresiasi publik. Menurut Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan, hasil penelitian pihaknya di lapangan, banyak masyarakat di wilayah melihat kebijakan Kapolri ini sangat baik.

Baca juga: Kinerja 100 Hari Kapolri Dinilai Berhasil Ubah Citra dan Wajah Kepolisian

Penerapan konsep baru ini juga direspon baik masyarakat karena dalam pelaksanaannya polisi lebih mengedepankan penyelesaian secara kekeluargaan.

"Ketika konsep ini mulai diterapkan pada level polsek dan polres, penerimaan masyarakat sangat baik. Kita yakin, dampak positifnya akan membuat pelayanan polisi semakin humanis," kata pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Baca juga: 100 Hari Kerja Kapolri, 1.864 Kasus Diselesaikan dengan Restorative Justice
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)