Partai Ummat Dinilai Bertolak Belakang dengan Ide Amien Rais saat Reformasi

Jum'at, 07 Mei 2021 - 17:02 WIB
loading...
A A A
Kendati demikian, kata Pangi, upaya Amien Rais untuk membangun kembali kekuatan politiknya patut diapresiasi. Pada usianya yang sudah tidak lagi dianggap muda, Amien masih memiliki energi dan semangat besar untuk membangun partai politik baru, sudah menjadi rahasia umum ini bukan pekerjaan mudah.

Selain itu sebagai politikus senior, lanjut dia, Amien sudah pasti membuat perhitungan matang dan evaluasi atas perjalanan politiknya selama ini. Pembentukan Partai ummat walaupun secara eksplisit mempersempit ruang gerak partai baru ini. Namun pemilih di segmen ini masih sangat besar yang belum tergarap dan terwakili secara politik.

"Sejalan dengan itu, tentu kita juga akan bertanya tanya, apa diferensiasi dengan partai Islam lainnya, apakah partai terbuka atau tertutup, apakah partai berbasis figur/massa, partai berbasis ideologi, apakah partai IT, atau partai kader?" kata analis politik ini.

Di satu sisi, kata dia, pilihan untuk mempersempit zonasi wilayah pertempuran permainan adalah kelemahan, namun di sisi lain akan berubah menjadi kekuatan jika segmen basis digarap dengan serius. Ini artinya, secara tidak langsung partai-partai yang punya segmentasi dan basis pemilih yang sama akan mendapat kompetitor baru terutama bekas partainya lamanya.

Menurut Pangi, loyalis Amien Rais yang menganggap Amin Rais adalah guru politiknya akan merapat ke partai Ummat meski saat ini sebagian masih bertahan di PAN dengan alasan pragmatis maupun transaksional mengamankan posisi dan kepentingan jabatan politik.

"Semoga ijtihad politik Amien Rais kali ini untuk melawan kezaliman dan menegakkan keadilan yang saya dengar-dengar selama ini menjadi platform ideologi partainya bisa diwujudkan, namun tetap trayek politik yang tidak lah mudah," tuturnya.
(dam)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)