4 Fakta tentang Alotnya PAW Ahmad Hanafi Rais

Kamis, 22 April 2021 - 14:36 WIB
loading...
4 Fakta tentang Alotnya PAW Ahmad Hanafi Rais
Ahmad Hanafi Rais. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Proses Pergantian Antarwaktu (PAW) anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Ahmad Hanafi Rais yang mundur sejak Mei 2020 hingga kini belum juga rampung. Muncul dinamika baru setelah calon penggantinya, Yuni Astuti , juga mundur dari PAN.

Sampai 22 April 2021 ini, nama Ahmad Hanafi Rais masih tercantum sebagai anggota DPR dari Fraksi PAN dengan nomor anggota 503. Hal itu bisa dilihat di laman resmi DPR RI.

Berikut SINDOnews tampilkan empat fakta tentang alotnya PAW tersebut.

1. Hanafi Rais Mundur dari DPR sejak Mei 2020

Hanafi Rais telah mengundurkan diri dari jabatannya di DPR RI sekaligus kepengurusan PAN tahun lalu. Keputusan Hanafi Rais yang merupakan putra sulung Amien Rais itu terlampir dalam surat tertanggal 5 Mei 2020. Terakhir Hanafi Rais merupakan ketua Fraksi PAN DPR RI. Kini, ketua Fraksi PAN DPR RI resmi dijabat Saleh Partaonan Daulay .



2. Pengganti Hanafi Rais Sudah Diputuskan

Pada Januari 2021, Partai Amanat Nasional (PAN) mengaku sudah memproses Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR RI Hanafi Rais. Menurut Juru Bicara PAN Viva Yoga Mauladi , berdasarkan acuan UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pengganti Hanafi Rais merupakan caleg yang memperoleh suara terbanyak kedua di dapil yang sama, yakni Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

"Iya sudah diproses. Menurut UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu bahwa dapat di-PAW oleh caleg yang memperoleh suara terbanyak kedua yaitu Yuni Astuti," kata Yoga kepada SINDOnews, Selasa (26/1/2021).

3. Proses PAW Kalah Cepat dari PAW Almarhum Ali Taher Parasong

Jika dibandingkan dengan proses PAW lainnya, seperti PAW almarhum Ali Taher Parasong ke Muhammad Rizal, PAW Hanafi Rais termasuk memakan waktu lama.

Diketahui, Ali Taher Parasong meninggal dunia pada 3 Januari 2021. Kursi DPR yang ditinggalkan almarhum kini sudah diisi rekan separtainya, Muhammad Rizal. Rizal berasal dari Dapil Banten III.

Rizal dilantik menjadi anggota DPR pada Jumat, 9 April 2021, saat DPR menggelar rapat paripurna. Dengan demikian, proses PAW almarhum Ali Taher Parasong ke Muhammad Rizal hanya tiga bulan. Sementara, Hanafi sudah mundur sejak Mei 2020.

4. Calon Pengganti Hanafi Rais Juga Mundur dari PAN

Kabar mengejutkan datang lantaran calon pengganti Hanafi Rais di DPR RI, Yuni Astuti, mundur dari PAN.

"Setelah dengan berbagai pertimbangan panjang dan matang, saya tidak nyaman. Maka saya putuskan mundur dan tidak mengambil hak saya untuk duduk di DPR RI," kata Yuni Astuti kepada wartawan di Yogyakarta, Rabu (21/4/2021).



Dalam agenda pernyataan pers tersebut, Yuni juga menunjukkan surat pengunduran dirinya dilengkapi dengan meterai Rp10.000 yang telah ditandatangani. Tetapi dia tetap bungkam soal alasan kuatnya untuk memutuskan melepas peluang besar menjadi legislator di Senayan mewakili Daerah Pemilihan DIY. "Saya tak mau membahas itu, biarlah saya bebas melanjutkan langkah, masa depan saya di politik masih panjang," katanya.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1376 seconds (0.1#10.140)