Zona Oranye Meningkat, Bamsoet Minta Masyarakat Kembali Perhatikan Prokes

loading...
Zona Oranye Meningkat, Bamsoet Minta Masyarakat Kembali Perhatikan Prokes
Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Satgas Penanganan Covid-19 menyampaikan, jumlah daerah yang masuk dalam zona oranye kembali meningkat pada pekan ini, yakni dari 316 kabupaten kota menjadi 322 kabupaten kota. Kondisi itu pun menuai perhatian Ketua MPR, Bambang Soesatyo.

Baca juga: Langgar Protokol Kesehatan, Kasatpol PP Kabupaten Bogor Sebut Habib Rizieq Harus Tanggung Jawab

Bambang meminta, agar kondisi ini menjadi perhatian khusus bagi pemerintah daerah (Pemda), mengingat peningkatan tersebut salah satunya akibat mulai kendurnya penerapan protokol kesehatan (Prokes) di tengah masyarakat.

"Diharapkan masyarakat mendukung upaya dari pemda dan Satgas Penanganan Covid-19 dengan disiplin melaksanakan prokes," ujarnya kepada wartawan, Rabu (21/4/2021).

Selain itu, politikus Golkar yang akrab disapa Bamsoet juga meminta kepala daerah khususnya enam (6) wilayah yang berpindah ke zona oranye untuk meningkatkan kinerjanya dalam memberi perhatian prioritas penanganan Covid-19.



"Dengan memasifkan testing dan tracing diimbangi dengan treatment yang tepat sehingga dapat menekan angka penyebaran," ujarnya. Baca juga: Perketat Protokol Kesehatan, Hotel Ciputra Terapkan GeNose C19

Lebih lanjut Bamsoet meminta pemda, bersama Satgas Penanganan Covid-19 daerah agar terus memantau dan mengawasi secara ketat daerah yang menerapkan PPKM skala mikro, khususnya daerah berstatus zona oranye sehingga angka penularan kasus di wilayah tersebut dapat segera diminimalkan.

"Meminta pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 terus berkomitmen melakukan upaya keras dalam mengendalikan serta menangani pandemi Covid-19 di Indonesia," ungkapnya.

"Terutama fokus terhadap zona-zona dengan risiko tinggi agar jumlah zona merah atau oranye tidak mengalami penambahan bahkan dapat menurun," tambah Ketua DPR masa bakti 2014-2019 itu.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top