Urgensi Pendidikan Perubahan Iklim

Selasa, 20 April 2021 - 05:10 WIB
loading...
A A A
Di antara masalah yang membayangi, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 tidak memuat strategi nasional perubahan iklim yang menyentuh langsung pada lembaga pendidikan. Sebagai pedoman dan arah pembangunan dalam kurun tertentu, beleid ini jelas kurang mendukung dengan pentingnya lembaga pendidikan sebagai tempat persemaian kesadaran akan perubahan iklim.

Dalam kaitan praktik baik membangun kesadaran perubahan iklim dan menjaga lingkungan, pada beberapa negara, siswa sekolah telah diminta untuk memetakan jejak digital proses karbon yang dilakukannya. Langkah dokumentasi jejak karbon tersebut diharapkan dapat menumbuhkan kearifan dalam gaya hidup. Di Tanah Air langkah untuk membuat kurikulum pendidikan tentang perubahan iklim yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Kebudayaan perlu segera diwujudkan.

Pendekatan dari ranah pendidikan diharapkan mampu membangun kearifan yang mampu menyentuh setiap aspek gaya hidup generasi mendatang dalam berkesadaran tentang perubahan iklim beserta semua dampaknya. Dengan kesadaran tersebut, nanti cara hidup masyarakat sendiri yang akan merespons semua fenomena perubahan iklim yang terjadi. Dengan kata lain, pendidikan mampu menjadi pilar kesadaran generasi mendatang untuk tumbuh dan berkembang dari kearifan lokalitas sendiri dalam konteks perubahan iklim.

Kita tidak akan mampu membendung datangnya gempa bumi, gunung meletus, dan hantaman siklon yang merusak misalnya. Meski demikian, kita tetap berkesempatan untuk membangun kearifan dan langkah antisipatif. Kita sangat mungkin dapat merancang dan menyusun rangkaian pilihan lingkungan, insentif, dan metode komunikasi yang memungkinkan semua pihak untuk mengatasi tantangan dan risiko ketika menghadapi dampak perubahan iklim di masa depan.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2705 seconds (0.1#10.140)