Sandiaga Ingin Wujudkan Toilet Berkualitas di Destinasi Wisata Religi

loading...
Sandiaga Ingin Wujudkan Toilet Berkualitas di Destinasi Wisata Religi
Menparekraf Sandiaga Uno tengah getol merevolusi toilet di destinasi pariwisata nasional di situs-situs wisata religi. Foto/SINDOnews/Heru Haryono
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno tengah getol merevolusi toilet di destinasi pariwisata nasional. Tidak hanya di destinasi pariwisata prioritas, urusan toilet di situs-situs wisata religi juga turut diperhatikan.

Baca juga: Dari Fans Nissan Garis Keras, Sandiaga Uno Selingkuh ke Toyota Corolla Cross Hybrid

Sandiaga mengatakan, memastikan kondisi toilet yang berkualitas di situs wisata religi merupakan bentuk nyata pengamalan hadis Nabi Muhammad SAW yang meyebut kebersihan merupakan sebagian dari iman.

"Harus dilakukan satu pendekatan agar toilet-toilet di wisata religi ini dalam kondisi yang berkualitas. Jadi bukan hanya di bibir saja bahwa kebersian adalah sebagian dari iman, tapi kita juga harus buktikan bahwa wisata religi ini wisata yang bersih, aman dan nyaman," kata Sandiaga dalam keterangan resminya, Senin (18/4/2021).

Baca juga: Sandiaga Tekankan Pentingnya Menjaga Kearifan Lokal Suatu Daerah



Sandiaga mengatakan, pandemi Covid-19 telah mengharuskan kita untuk beradaptasi dengan menerapkan protokol kesehatan atau prinsip CHSE (Cleanliness, Helath, Safety and Environment Sustainability) secara ketat yang di dalamya termasuk meghadirkan toilet yang berkualitas di destinasi wisata.

Ke depan, kebersihan toilet di tiap spot-spot wisata termasuk wisata religi akan menjadi simbol pelayanan. Dalam konteks pariwisata, toilet yang berkualtias akan diingat sebagai kesan sepanjang perjalanan.

Karena itu, pria yang akrab disapa Mas Menteri ini mengatakan, pengembangan amenitas salah satunya ketersediaan toilet bersih di destinasi wisata religi adalah sebuah keharusan.

"Pariwisata tidak akan bangkit, kita tidak akan mampu menjual pariwisata yang berualitas, berkelanjutan, kalau toiletnya tdak berkualitas. Destinasi tidak prioritas kalau toiletnya tidak berkualitas," ucap Sandiaga.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top