Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan

Kamis, 21 Mei 2020 - 11:01 WIB
loading...
Sediakan Pelatihan Gratis, Begini Tampilan Situs Prakerja Tandingan
Tampilan beranda situs prakerja. org. Pengelola situs ini menegaskan prakerja.org merupakan bentuk kritik terhadap pemerintah terhadap program Kartu prakerja. Foto/prakerja.org
A A A
JAKARTA - Program kartu prakerja terus menjadi sorotan. Program yang bertujuan untuk mengurangi pengangguran itu menjadi polemik setelah diketahui di dalamnya terdapat pelatihan online dengan nilai proyek 5,6 triliun.

Melalui program ini, pemerintah memberikan insentif Rp3,5 juta per orang. Sebesar Rp1 juta di antaranya sebagai biaya pelatihan, Rp600 ribu diberikan per bulan selama empat bulan dan insentif survei Rp150 ribu.

Dalam penyelenggaraan pelatihan kartu prakerja, pemerintah memiliki situs yang harus diakses pendaftar, yakni prakerja.go.id. Ada delapan mitra yang ditunjuk pemerintah dalam pelatihan online. Salah satu di antaranya Skill Academy milik startup Ruangguru.

Dalam laman situsnya, Skill Academi menawar banyak kelas pelatihan online. Dari paket pelatihan berbahasa Inggris, cara sukses kerja di masa Corona hingga cara membuat kedai kopi susu dengan modal minim.

Belakangan muncul situs baru dengan nama domain yang mirip dengan prakerja.go. id, yakni prakerja.org. Berbeda dengan prakerja.go.id yang menyediakan paket pelatihan berbayar, prakerja.org menyediakan berbagai kelas pelatihan tanpa biaya alias gratis.

Paket pelatihan yang ditawarkan beragam dengan berbagai kategori antara lain kelas wirausaha dan bisnis. Dalam kelas ini terdapat beberapa tutorial seperti cara ternak ikan cupang, membuat laci dari kardus bekas, kreasi kain perca tanpa mesin jahit.

Adapula kelas pengembangan diri terbaik yang menyediakan tutorial di antaranya cara membuat sistem hidroponik sederhana, contoh interview kerja fresh graduate.

( )

Prakerja.org juga menyediakan kelas teknologi dan software terbaik yang memberikan materi online tentang pengenalan Adobe Ilustrator, cara instal Windows gratis.

Pengelola situs ini juga menyediakan live training bagi. Adapun materi yang disajikan antara lain training content creator, pelatihan digital yang membahas tentang Google Forms.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1280 seconds (0.1#10.140)