Prakerja Jadi Inspirasi Thailand Tingkatkan Keterampilan Angkatan Kerja

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 00:22 WIB
loading...
Prakerja Jadi Inspirasi Thailand Tingkatkan Keterampilan Angkatan Kerja
Lembaga bidang pendidikan Thailand, The Equitable Education Fund (EEF) studi banding program Prakerja di Indonesia. FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Lembaga bidang pendidikan Thailand, The Equitable Education Fund (EEF) terkesan dengan yang dilakukan Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja karena dapat mempertemukan kebutuhan industri dengan meningkatkan kompetensi angkatan kerja melalui pelatihan. Prakerja menjadi inspirasi EEF untuk mengembangkan program di Negeri Gajah Putih itu.

Prakerja dinilai telah memberikan akses yang baik ke pesertanya dengan membantu mereka memperoleh keterampilan, keterampilan ulang, dan peningkatan keterampilan (skilling, reskilling, dan upskilling).

Saat ini, Thailand sedang mengembangkan program yang memberikan bantuan pendidikan dan pelatihan bagi angkatan mudanya. Sepak terjang Prakerja yang sudah dikenal luas di dunia internasional dalam memberikan pelatihan peningkatan keahlian, membuat EEF datang ke Indonesia untuk belajar dari Prakerja.



Director Office of Innovation for Learning Opportunity, EFF, Thantida Wongprasong ditemui di kantor Prakerja, Jakarta, mengatakan, Prakerja menjadi inspirasi EEF untuk meningkatkan keterampilan sektor informal di Thailand yang jumlahnya mencapai sekitar 20 juta orang. Prakerja mengajarkan bagaimana cara menangkap ikan, bukan memberi ikan.

"Indonesia memiliki tantangan dalam hal jumlah penduduk. Jadi menurutku ini sesuatu inspirasi. Sebesar Indonesia bisa mencapainya. Di Thailand populasinya lebih sedikit. Saya pikir jika kita menggunakan model Prakerja kita bisa mencapainya juga dalam hal reskilling bagi sektor informal," ujar Thantida dalam keterangan tertulis, Kamis (26/10/2023).

Penasihat EEF, Supakorn Buasai menilai Prakerja merupakan inovasi yang sangat baik. Selama dua hari ini, EEF mempelajari banyak hal dari Prakerja.

"Pada sesi pertama Prakerja membagikan insight, pemikiran di balik operasi prakerja ini. Operasinya berdasarkan latar belakang ekonomi dan Prakerja ingin memperbaikinya," tuturnya.



Prakerja, kata Supakorn, berhasil mencocokkan antara kebutuhan perusahaan terhadap pekerja dengan keterampilan yang baik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)