Pesawat Tempur Asing F-18 Hornet Terbang di Natuna, Begini Penjelasan TNI AU

Rabu, 07 April 2021 - 15:15 WIB
loading...
Pesawat Tempur Asing F-18 Hornet Terbang di Natuna, Begini Penjelasan TNI AU
Pesawat tempur asing terbang di kawasan Natuna. Foto tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Ruang udara di atas perairan Natuna mendadak mencekam pada Selasa (6/4/2021) sore tepatnya sekita pukul 16.15 WIB, Pasalnya, ada pesawat tempur pihak asing yang melintas di kawasan tersebut.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah menuturkan, diperkirakan pesawat tempur itu berjenis F-18 Hornet. Pesawat tersebut terbang di atas Kapal Apung, Produksi, Penyimpanan dan Pembongkaran (FPSO) milik salah satu perusahaan minyak asal Indonesia. Menurutnya, pesawat tersebut berada di perairan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE).

"Hari Selasa (06/04/2021) pukul 16.15 WIB, di Perairan Natuna telah melintas pesawat tempur asing diperkirakan jenis F-18 Hornet, diatas FPSO (Floating, Production, Storage and Off loading Vessel) Kakap Natuna yang dioperasikan oleh Perusahaan minyak Indonesia dan berada di wilayah ZEE, sekitar 169 mil di sebelah barat dari Kepulauan Natuna," kata Indan dalam keterangannya, Ranu (7/4/2021) sore.

Dia memastikan, pesawat tersebut di luar wilayah teritorial dari Indonesia. Saat ini, sambungnya, pihak TNI AU tengah mendalami permasalahan tersebut bersama pihak terkait. "Disampaikan bahwa pesawat melintas di luar wilayah teritorial Republik Indonesia. Dan saat ini, TNI AU sedang mendalami kejadian tersebut dengan pihak terkait," ungkapnya.

Video pesawat tempur tersebut pertama kali diunggah oleh media sosial milik Jatosint diakun resminya @Jatosint. "Video showing what appeared to be @USNavy F/A-18E/F Super Hornet @TheRealCVN71 flying low above an Indonesian offshore oil ring. Noth West of Nauna Island. Source: trust me," cuitnya
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2319 seconds (0.1#10.140)