Transaksi Narkoba Sangat Tinggi, Junkie di Indonesia 5 Juta Orang

Selasa, 06 April 2021 - 14:40 WIB
loading...
A A A


Sejak berdiri 18 tahun lalu, PPATK telah melakukan kerja sama yang intens dengan lembaga dan kementerian terkait untuk kemudian memperbaiki pengawasan sistem keuangan.

"Maka dari itu, selama itu masuk di dalam sistem, sebetulnya sangat mudah bagi kita untuk mengontrol segala sesuatu, misalnya soal pendanaan terorisme. Jadi memang jika kita sukses untuk melakukan perbaikan dalam pengawasan terhadap sistem keuangan kita, maka para penjahat ini akan mencari alternatif lain," katanya.

Adapun alternatif itu adalah yang paling mudah di Indonesia melakukan transaksi tunai. Dan di Indonesia transaksaksi tunai masih menunjukan angka yang signifikan.

"Indonesia itu masih cukup luar biasa besar masih di atas 50% transaksi uang cash-nya. And where did you like it or not, persepsi korupsi itu juga terkait dengan masalah penggunaan uang cash. Karena biasanya negara yang penggunaan uang cash yang sangat tinggi seperti Indonesia dan India cenderung persepsi korupsinya itu rendah," ujarnya.

Berbeda dengan negara-negara skandinavia yang sudah maju, rata-rata transaksi tunainya hanya 20%. Selama ini BI dan OJK sudah melakukan upaya-upaya imbauan untuk menggunakan less cash dalam sistem keuangan di Indonesia.

"Tetapi memang yang sedang kita hadapi tampaknya, kalau dari perspektif PPATK, kita tidak bisa relay kepada imbauan, oleh karena itu ketika UU ini dibahas, tentu saja harus mendapat persetujuan pihak terkait, BI sudah menyetujui dan sudah mengirim surat ke Kemenkumham untuk mendukung keluarnya UU ini," katanya.
(abd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1835 seconds (0.1#10.140)