Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia

Minggu, 24 Mei 2020 - 06:51 WIB
loading...
A A A
4. Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren Lirboyo berdiri pada 1910, tepatnya di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Kiai Sholeh yang berasal dari Desa Banjarmelati, memprakarsai berdirinya pesantren ini yang kemudian dilanjutkan oleh salah satu menantunya KH Abdul Karim. Pondok Pesantren Lirboyo berkembang menjadi pusat studi Islam sejak puluhan tahun sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

5. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren Tebuireng merupakan salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Pesantren ini didirikan pada 1899 oleh salah satu ulama besar pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari. Di samping pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan Agama Islam, pondok pesantren ini juga memasukan pelajaran umum ke dalam struktur pembelajarannya.

6. Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren Al-Anwar didirikan pada 1967 oleh KH Maimun Zubair dan terletak di Desa Karangmangu, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Sistem pendidikan yang diterapkan adalah sistem salafiyah di mana para santri diwajibkan mengikuti pengajian masyayeh atau ustadz, baik dengan pendekatan sistem bandongan (bersama-sama) maupun sorogan (individual).

Santri juga harus mengikuti pendidikan Muhadloroh atau Madrasah Ghozaliyyah, sampai tingkat aliyah, dan melanjutkan pada PPTM (Ma’had ‘Aly) yang mana jenjang pendidikannya adalah dua tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1135 seconds (0.1#10.140)