alexametrics

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia

loading...
Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia
Eksistensi agama Islam tidak bisa lepas dari peran ulama dan pengajaran ilmu-ilmu agama. Salah satu lembaga yang berjasa dalam hal itu adalah pondok pesantren. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
EKSISTENSI agama Islam tidak bisa lepas dari peran ulama dan pengajaran ilmu-ilmu agama. Salah satu lembaga yang berjasa dalam hal itu adalah pondok pesantren. Berikut sejumlah pondok pesantren terbesar di Indonesia.

1. Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Podok Pesantren Gontor berdiri pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Pondok ini didirikan oleh tiga bersaudara putra KH Santoso Anom Besari yaitu KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Zarkasy yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti. Pondok Pesantren Gontor merupakan pelopor dan inovator pesantren modern, yang dulunya bernama Ponpes Darussalam Gontor. (Baca juga: Santri Dididik Jadi Ahli Pikir-Zikir)

2. Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pondok pesantren ini didirikan oleh Sayyid Sulaiman dari Cirebon, Jawa Barat. Sayyid mendirikan pesantren ini bersama Kyai Aminullah. Pesantren ini tetap mempertahankan sistem pendidikan salaf murni untuk mengkaji ilmu agama.

3. Pondok Pesantren Langitan, Tuban

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren ini termasuk salah satu lembaga Islam tertua di Indonesia, yang berdiri pada 1852. Lokasi pesantren terletak di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur. Luas kompleks wilayah pesantren sekitar 7 hektare. Kiai Abdullah Faqih yang sempat memimpin pesantren ini adalah seorang ulama kharismatik pimpinan Pondok Pesantren Langitan. (Baca juga: Aulia Cendekia, Pondok Pesantren Terbuka, Modern, dan Digital)

4. Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren Lirboyo berdiri pada 1910, tepatnya di Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur. Kiai Sholeh yang berasal dari Desa Banjarmelati, memprakarsai berdirinya pesantren ini yang kemudian dilanjutkan oleh salah satu menantunya KH Abdul Karim. Pondok Pesantren Lirboyo berkembang menjadi pusat studi Islam sejak puluhan tahun sebelum kemerdekaan Republik Indonesia.

5. Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren Tebuireng merupakan salah satu pesantren terbesar di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Pesantren ini didirikan pada 1899 oleh salah satu ulama besar pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari. Di samping pelajaran ilmu syari’at, bahasa Arab dan Agama Islam, pondok pesantren ini juga memasukan pelajaran umum ke dalam struktur pembelajarannya.

6. Pondok Pesantren Al-Anwar, Sarang, Rembang

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren Al-Anwar didirikan pada 1967 oleh KH Maimun Zubair dan terletak di Desa Karangmangu, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Sistem pendidikan yang diterapkan adalah sistem salafiyah di mana para santri diwajibkan mengikuti pengajian masyayeh atau ustadz, baik dengan pendekatan sistem bandongan (bersama-sama) maupun sorogan (individual).

Santri juga harus mengikuti pendidikan Muhadloroh atau Madrasah Ghozaliyyah, sampai tingkat aliyah, dan melanjutkan pada PPTM (Ma’had ‘Aly) yang mana jenjang pendidikannya adalah dua tahun.
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak