Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia

Minggu, 24 Mei 2020 - 06:51 WIB
loading...
Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia
Eksistensi agama Islam tidak bisa lepas dari peran ulama dan pengajaran ilmu-ilmu agama. Salah satu lembaga yang berjasa dalam hal itu adalah pondok pesantren. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A A A
EKSISTENSI agama Islam tidak bisa lepas dari peran ulama dan pengajaran ilmu-ilmu agama . Salah satu lembaga yang berjasa dalam hal itu adalah pondok pesantren . Berikut sejumlah pondok pesantren terbesar di Indonesia.

1. Pondok Pesantren Modern Gontor, Ponorogo

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Podok Pesantren Gontor berdiri pada 10 April 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Pondok ini didirikan oleh tiga bersaudara putra KH Santoso Anom Besari yaitu KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Zarkasy yang kemudian dikenal dengan istilah Trimurti. Pondok Pesantren Gontor merupakan pelopor dan inovator pesantren modern, yang dulunya bernama Ponpes Darussalam Gontor. (Baca juga: Santri Dididik Jadi Ahli Pikir-Zikir )

2. Pondok Pesantren Sidogiri, Pasuruan

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pondok pesantren ini didirikan oleh Sayyid Sulaiman dari Cirebon, Jawa Barat. Sayyid mendirikan pesantren ini bersama Kyai Aminullah. Pesantren ini tetap mempertahankan sistem pendidikan salaf murni untuk mengkaji ilmu agama.

3. Pondok Pesantren Langitan, Tuban

Sejumlah Pondok Pesantren Besar di Indonesia


Pesantren ini termasuk salah satu lembaga Islam tertua di Indonesia, yang berdiri pada 1852. Lokasi pesantren terletak di Dusun Mandungan, Desa Widang, Kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur. Luas kompleks wilayah pesantren sekitar 7 hektare. Kiai Abdullah Faqih yang sempat memimpin pesantren ini adalah seorang ulama kharismatik pimpinan Pondok Pesantren Langitan. (Baca juga: Aulia Cendekia, Pondok Pesantren Terbuka, Modern, dan Digital )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)