Dikaitkan Bom Makassar, Polri: Pimpinan JAD Vila Mutiara Sudah Meninggal

Rabu, 31 Maret 2021 - 16:56 WIB
loading...
Dikaitkan Bom Makassar, Polri: Pimpinan JAD Vila Mutiara Sudah Meninggal
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono menyebut pimpinan JAD Vila Mutiara sudah meninggal dunia. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mabes Polri memastikan pimpinan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Vila Mutiara, Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Ustaz Basri telah meninggal dunia.

Seperti diketahui, pelaku bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, L dan YSF merupakan bagian dari JAD Vila Mutiara. Vila itu menjadi tempat kajian dan lokasi untuk melakukan beberapa pertemuan di antara kelompok tersebut. "Kan awalnya Ustaz Basri, kan sudah meninggal dunia," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021).

Menurut Rusdi, meskipun Basri sudah tewas, namun pemikiran-pemikirannya yang menjurus radikal sampai saat ini masih terus berkembang."Awalnya dari situ, terus berkembang seperti itu," ujar Rusdi.

Sekadar informasi, Basri sendiri seorang terpidana kasus terorisme yang telah meninggal dunia saat masih mendekam di Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah. Saat itu, Ia diduga terlibat proses Baiat ISIS di Makassar. Rusdi menambahkan, jaringan JAD ini memiliki ciri khas, yakni terbagi dalam banyak sel yang tersebar. Selain itu, jaringan sel tersebut terputus-putus dan tidak saling terkoneksi. "JAD kadang-kadang selnya terputus. Mereka punya kelompok-kelompok," ucap Rusdi.

Dalam peristiwa yang terkait langsung dengan bom Makassar, Polri sudah menciduk delapan terduga teroris. Mereka adalah, AS, SAS, MR, AA, MM, M dan MAM, dan I. Sedangkan, L dan YSF tewas karena menjadi pengantin
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1328 seconds (0.1#10.140)