Elektabilitas PDIP Tertinggi, Hasto Sebut Survei Hanya Alat Ukur

Senin, 29 Maret 2021 - 10:20 WIB
loading...
Elektabilitas PDIP Tertinggi, Hasto Sebut Survei Hanya Alat Ukur
Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Sekjen DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi hasil survei Charta Politika . Menurut Hasto, hampir seluruh lembaga survei yang kredibel karena metodologinya, menempatkan elektoral PDIP tertinggi.

"Tentunya kami bersyukur, tetapi elektoral sejati Partai berada di hati rakyat, karena survei hanyalah alat ukur sesaat, dan yang penting kerja di tengah rakyat dengan penuh keyakinan politik. Survei terakhir yang dilakukan Charta Politika menempatkan PDIP pada elektoral tertinggi, yakni 20,7%. Kedua Gerindra 14,2% dan ketiganya PKB 9,7%. Dan masih ada 22,3% yang tidak jawab (undecided)," ungkap Hasto kepada wartawan, Senin (29/3/2021).

Menurut Hasto, dengan elektoral yang tinggi itu, seluruh anggota dan kader PDIP diminta untuk tidak cepat puas diri, dan sebaiknya lebih memilih bekerja keras membantu rakyat, dan tiada hari tanpa pergerakan politik.

Baca juga: Puji Sikap Megawati, Rizal Ramli: PDIP Jangan Jadi Partai Keluarga

"Elektoral tertinggi tentu menambah optimisme. Seluruh pergerakan Partai yang menempatkan proses rekrutmen, pendidikan politik, kaderisasi, dan gerak kebudayaan khususnya untuk kaum muda, perempuan, dan keterlibatan di tengah rakyat mengatasi pandemi Covid-19 sangat diapresiasi publik. Faktor soliditas kepemimpinan Partai, dan aktivitas Partai seperti penghijauan, dan gotong royong mengatasi pandemi juga menjadi sebab tingginya elektoral PDI Perjuangan," ujarnya.

Lebih lanjut Hasto mengatakan, hasil survei tersebut jauh lebih objektif, daripada survei yang secara spesifik dilakukan hanya untuk kluster pemilih tertentu seperti pemilih muda, perempuan, ataupun segmen pemilih lainnya.

Baca juga: Targetkan Menangi Pemilu 2024 di Jawa Timur, Ini Strategi PDIP

"Partai juga menyadari bahwa pemilu masih 3 tahun. Meski semua hasil survei selalu menempatkan PDI Perjuangan sebagai Partai dengan elektabilitas tertinggi dengan angka di kisaran 20,7% - 31,3%, namun peta sebenarnya ditentukan pada Pemilu 2024. Semua anggota dan kader Partai wajib meningkatkan disiplin, memerkuat kesadaran ideologi, termasuk mencegah perbuatan yang tidak terpuji," katanya.

Politikus asal Yogyakarta itu menambahkan, elektoral tertinggi PDIP itu menjadi daya pemacu untuk menyatu dengan rakyat, membangun harapan rakyat di dalam mengatasi pandemi Covid-19 ini.
(zik)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1895 seconds (11.210#12.26)