E-KTP Hilang, Dirjen Dukcapil: Bisa Cetak Lagi dan Gratis

Jum'at, 19 Maret 2021 - 07:25 WIB
loading...
E-KTP Hilang, Dirjen Dukcapil: Bisa Cetak Lagi dan Gratis
Dirjen Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrullah menegaskan, e-KTP yang hilang bisa dicetak kembali tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Zudan Arif Fakrullah mengaku mendapatkan banyak pertanyaan terkait dengan bagaimana mengurus e-KTP yang hilang. Dia menegaskan e-KTP yang hilang bisa dicetak kembali tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

“Teman-teman saya beri tahu ya dapat dicetak kembali tanpa perlu perekamanan, foto wajah maupun sidik jari. Gratis tidak dipungut biaya,” katanya melalui video yang dibagikannya, Jumat (19/3/2021).

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meminta surat keterangan kehilangan dari pihak kepolisian. Setelah itu bisa langsung mendatangi kantor dinas dukcapil (Disdukcapil). “Diurus di Dinas Dukcapil setempat. (Bisa) tempat Anda terdata di kartu keluarga atau di Dinas Dukcapil di daerah lain. Kemudian teman-teman tinggal minta dicetak saja,” ungkapnya Pada kesempatan itu Zudan meminta agar masyarakat mengurus sendiri dan tidak menggunakan calo. “Ini gratis tidak dipungut biaya. Diurus sendiri saja jangan lewat calo,” pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2629 seconds (0.1#10.140)