IVL Season VII, Bupati Puncak Ungkap Tantangan Memimpin Wilayah Minim Akses

Selasa, 09 Maret 2021 - 19:58 WIB
loading...
IVL Season VII, Bupati Puncak Ungkap Tantangan Memimpin Wilayah Minim Akses
Bupati Kabupaten Puncak, Papua, Willem Wandik menjadi peserta dalam acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Season VII yang digelar MNC Portal Indonesia. Foto/MPI/Fahreza Rizky
A A A
JAKARTA - Bupati Kabupaten Puncak, Papua, Willem Wandik salah satu menjadi peserta dalam acara Indonesia Visionary Leader (IVL) Season VII yang digelar MNC Portal Indonesia.

Dalam ajang itu, dia menceritakan sulitnya menjadi kepala daerah di wilayah yang masih banyak keterbatasan.

Willem mengungkapkan, kondisi geografis di Puncak tidak seperti Jakarta. Jalur menuju ke sana hanya bisa dilalui dengan transportasi udara melalui Bandara Ilaga. Itu pun hanya pesawat berbadan kecil saja yang bisa masuk. Sedangkan jalur darat belum ada.

"Kami di Puncak ini ketergantungan pada transportasi udara, tidak ada akses satu pun sama sekali. Kabupaten ini jauh dari akses," kata Willem di iNews Tower, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (9/3/2021).

Puncak adalah sebuah kabupaten yang terletak di pegunungan tengah Provinsi Papua. Wilayah ini baru dibentuk pada 4 Januari 2008, seiring dengan pemekaran Kabupaten Puncak Jaya.

Willem melanjutkan, Kabupaten Puncak terbentuk dari nol atau tidak memiliki apa-apa. Karena itu, negara hadir di sini untuk membantu masyarakat yang masih terisolasi. Fokus utama Willem di periode kedua jabatannya adalah pembangunan infrastruktur.

Menurut Willem, mustahil berbicara peningkatan pendapatan masyarakat atau pun hal lainnya bila infrastruktur atau akses saja masih tidak ada. Dia berjanji akan terus berupaya menggenjot pembangunan infrastruktur agar harga kebutuhan masyarakat menjadi terjangkau.

"Periode saya pertama dan kedua hanya berpikir bagaimana membuka akses jalan, bandara, jembatan, ini yang kita konsentrasi full. Setelah kita membangun, selanjutnya bagaimana meingkatkan kesejahteraan," terang Willem.


Dewan juri IVL Season VII antara lain Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri Akmal Malik, Ketua Pembina Indonesia Institute for Corporate Directorship Andi Ilham Said.

Dewan juri lainnya, yakni Pakar Komunikasi Politik UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto dan Guru Besar Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia Budi Frensidy.



IVL merupakan program rutin yang diselenggarakan MNC Media untuk mengukur dan menguji kekuatan visi para pemimpin daerah, sekaligus menggali upaya daerah dalam merumuskan, mengkomunikasikan, mengimplementasikan, sekaligus membudayakan visi tersebut di wilayah kepemimpinannya
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2460 seconds (0.1#10.140)