Satgas Ungkap Zona Hijau Corona Makin Sedikit, Sisa 4 Kabupaten/Kota

loading...
Satgas Ungkap Zona Hijau Corona Makin Sedikit, Sisa 4 Kabupaten/Kota
Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, zona hijau risiko terdampak virus Corona (Covid-19) di Indonesia semakin sedikit. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito mengatakan, zona hijau risiko terdampak virus Corona (Covid-19) di Indonesia semakin sedikit.

Baca juga: Selama Pandemi, 10 Provinsi di Jawa-Bali Konsisten Penyumbang Angka Corona Terbanyak

Menurut Wiku, Zona risiko ini digunakan untuk menentukan tingkat risiko penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Indonesia.

"Dapat dilihat bahwa zona hijau yang pada awalnya masih terlihat cukup banyak pada wilayah barat dan timur Indonesia, semakin lama semakin berkurang hingga tersisa sangat sedikit pada bulan Februari 2021 yaitu hanya 4 Kabupaten Kota tanpa kasus baru. Dan 4 kabupaten kota tidak terdampak," kata Wiku dalam update Perkembangan Penanganan Covid-19 di Indonesia secara virtual, Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Mutasi Virus Corona B117, Gubernur Khofifah Minta Masyarakat Jatim Tenang dan Waspada



Selain itu kata Wiku, zona oranye yang pada awalnya terlihat hanya mendominasi di pulau Jawa dan sedikit pada pulau Kalimantan dan Sumatera, perkembangannya menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.

"Hingga pada bulan Desember 2020 di seluruh Pulau di Indonesia didominasi oleh kabupaten kota dengan zona risiko oranye," ucapnya.

Baca juga: Update Corona, Positif 1.361.098 Orang, 1.176.356 Sembuh dan 36.897 Meninggal

Kemudian zona oranye, kata Wiku perlahan menurun. "Hingga di bulan Februari 2021 zona oranye tidak lagi mendominasi di Pulau Sumatera dan Papua. Meskipun jumlahnya tetap mendominasi," ujarnya.

"Hal ini menunjukkan bahwa perkembangan zonasi risiko di Indonesia cenderung mengarah kepada perpindahan ke zona orange atau zona dengan risiko sedang," ungkap Wiku.



Wiku menuturkan, per tanggal 28 Februari jumlah zona orange di Indonesia adalah sebanyak 277 kabupaten kota atau lebih dari 50% dari total 514 kabupaten kota di Indonesia.

"Tentunya keadaan ini harus segera kita perbaiki. Kabupaten kota yang sudah berbulan-bulan berada di zona orange, mohon untuk segera berbenah dalam penanganan Covid-19 ini," jelas Wiku.

Wiku pun meminta agar para Kepala Daerah tidak berpuas diri hanya dengan wilayahnya tidak masuk zona merah. "Ingat selalu saya sampaikan bahwa zona orange bukanlah karena risiko yang aman. Mohon kepada kepala daerah dan masyarakatnya untuk tidak berpuas diri hanya dengan tidak berada di zona merah," tutupnya.
(maf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top