BPIP dan MPR Sebut Donasi Rp4 M Wujud Gotong Royong di Tengah Corona

Senin, 18 Mei 2020 - 15:21 WIB
loading...
BPIP dan MPR Sebut Donasi Rp4 M Wujud Gotong Royong di Tengah Corona
BPIP merasa bangga atas tingginya partisipasi masyarakat dalam konser penggalangan dana untuk korban Corona, yang diselenggarakan, Minggu (17/5/2020) malam. Foto/SINDOnews/Ali Masduki
A A A
JAKARTA - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) merasa bangga atas tingginya partisipasi masyarakat dalam konser penggalangan dana untuk korban Covid-19 atau virus Corona, yang diselenggarakan, Minggu (17/5/2020) malam.

Dalam konser amal virtual ‘Berbagi Kasih Bersama Bimbo’ tersebut, total dana donasi yang berhasil terkumpul mencapai lebih dari Rp4 miliar. (Baca juga: Ajak Masyarakat Patuhi PSBB, Merry Riana: Jangan Lengah, Jangan Kasih Kendor)

"Ini menggambarkan ada kesadaran dan kepedulian publik terhadap saudara sebangsa yang kesulitan karena terkena efek Covid-19. Jiwa gotong royong memberi rasa optimis bahwa semua rintangan dan kesulitan bisa kita atasi bersama," kata Staf khusus Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo kepada SINDOnews, Senin (18/5/2020).

(Baca juga: Tak Mudah Bentuk Partai Baru, Kubu Amien Rais Disarankan Tetap di PAN)

Benny menilai, situasi pandemi virus corona telah mengajarkan perlunya semangat gotong royong sebagai modal sosial dan budaya untuk menggerakkan kesadaran publik. Menurutnya, kerja sama semua pihak merupakan kunci mengatasi berbagai persoalan akibat wabah Covid-19 serta mewujudkan optimisme bangsa pascabencana tersebut.

"Kebersamaan para elite politik, pelaku ekonomi dan masyarakat menjadi kunci optimisme bangsa dalam menatap ke depan. Intinya, dalam mengatasi rintangan apapun yang terpenting satu bahasa yakni kita bersatu," ujar Benny.

Dalam keterangan terpisah, Ketua MPR Bambang Soesatyo menegaskan, gelaran konser amal virtual itu tak menggunakan uang negara. Seluruhnya murni gotong rotong dari para pekerja seni dan dukungan pribadi dari berbagai pihak.

"Total donasi yang terkumpul mencapai Rp4.003.357.815. Bukan sekadar jumlah donasi, melainkan tingginya partisipasi masyarakat bergotong royong inilah yang patut dibanggakan," ujar pria yang akrab dikenal Bamsoet tersebut.

Politikus Partai Golkar itu mengungkapkan penyelenggaraan konser tetap mengikuti protokol kesehatan yang sudah dianjurkan pemerintah. Hanya Bimbo dan pembawa acara yang tampil live dari salah satu studio tv nasional. Sementara penyanyi lainnya dan sejumlah pejabat negara tampil secara virtual dari rumah masing-masing.

"Sudah menjadi tugas dan kewajiban MPR RI sebagai Rumah Kebangsaan untuk menggelorakan semangat gotong royong yang merupakan kekayaan bangsa. Itulah yang mendasari penyelenggaraan konser amal virtual ini. Seluruh donasi yang terkumpul akan disalurkan ke para seniman dan pekerja seni, petani, peternak, nelayan dan saudara-saudara lain yang membutuhkan melalui Yayasan Generasi Lintas Budaya," jelas dia.

Sebagai informasi, konser ini diinisiasi oleh MPR RI, Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Indika Foundation, dan GSI Lab. Selain itu, didukung Gerakan Keadilan Bangun Solidaritas (GERAK BS), KitaBisa, BenihBaik, Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), dan Yayasan Generasi Lintas Budaya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1193 seconds (0.1#10.140)