Pandemi Bikin Bosan, Ini Deretan Aktivitas yang Bisa Jadi Hobi Baru

loading...
Pandemi Bikin Bosan, Ini Deretan Aktivitas yang Bisa Jadi Hobi Baru
Warga bersepeda melintasi jalan protokol di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (25/12/2020). Bersepeda masih menjadi pilihan warga saat mengisi waktu libur. Foto/Adam Erlangga
JAKARTA - Pandemi Covid-19 membuat ruang gerak masyarakat dalam beraktivitas kian sempit. Demi keamanan diri, segala aktivitas harus dilakukan di rumah. Tidak dipungkiri, rasa bosan kerap menghampiri.

Banyak orang yang kemudian menciptakan kegiatan-kegiatan positif untuk mengatasi rasa jenuh. Hobi baru pun dilakoni.

Berdasarkan hasil survei online SINDONews pada 28 Januari-5 Februari 2021, sebanyak 32% responden mengaku memilih hobi memasak di saat pandemi.

Sejak virus Covid-19 mewabah, menjaga kesehatan adalah hal utama, termasuk menjaga asupan makanan. Mengolah makanan sendiri dinilai sebagai langkah terbaik melindungi diri dan keluarga dari serangan virus.



Alasan inilah yang kemudian membuat banyak orang tertarik untuk memasak. “Mumpung punya waktu luang jadi lebih bisa googling resep ini itu, sekalian mengurangi kebiasaan membeli makan dari luar agar terjamin kehigienisannya,” ujar Annisa Septiyani, ibu dari satu anak.

Gara-gara hobinya tersebut, kini dia aktif membagikan kegiatan memasak dan hasil resep masakan di media sosialnya. “Sembari bekerja di rumah (work from home/WFH), saya rajin mencari resep masakan dan share ke media sosial,” ujarnya.

Baca juga: DPR Sesalkan Penahanan 7 Warga Kalimantan Utara oleh Militer Malaysia



Hobi memasak juga diungkapkan oleh Hanna, warga Jakarta. Baginya memasak bukan sekadar hobi. Membuat hidangan makanan dinilai hal yang menyenangkan dan dapat membuka peluang bisnis. “Lumayan, hobi baru memasak di masa pandemi ini bisa nambah pendapatan, ” ujarnya.

Selain memasak, 16% responden juga mengaku menjadi hobi membaca di masa pandemi khususnya buku-buku yang dapat menambah pengetahuan serta novel-novel fiksi. Selain bermanfaat untuk meningkatkan wawasan, bacaan dengan topik yang ringan juga dipilih sebagai sarana hiburan di saat santai.

“Masih banyak buku yang belum dibaca, jadi memanfaatkan waktu untuk baca,” ujar Fitri, warga Depok.
Pandemi Bikin Bosan, Ini Deretan Aktivitas yang Bisa Jadi Hobi Baru

Selain dua hobi tersebut, sebanyak 10% responden juga menciptakan aktivitas baru yang menyenangkan, yakni melalui berkebun. Ada beberapa tanaman yang saat ini semakin hits lantaran banyak pencinta tanaman yang memburu tanaman tersebut untuk dimiliki.

Bahkan harga yang fantastis tak membendung niat seseorang untuk memiliki tanaman tertentu demi memuaskan keinginannya. “Dulu sih biasa saja, tapi saat pandemi ini jadi senang melihara tanaman. Bikin mata jadi adem. Harga juga enggak jadi masalah sih, selama masih terjangkau, ” ujar Ike, warga Depok.
Pandemi Bikin Bosan, Ini Deretan Aktivitas yang Bisa Jadi Hobi Baru

Selain ketiga hobi tersebut, responden lainnya mengaku punya hobi baru seperti melukis (11%), bersepeda (11%), menonton (10%), fotografi (5%), serta jogging (5%). Bagaimana dengan Anda?

Baca juga: Memilukan, 4 Nelayan Deliserdang Ditangkap Kapal Patroli Malaysia
(dam)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top