Belasan Teroris Digiring dari Makassar ke Jakarta Hari Ini

Kamis, 04 Februari 2021 - 05:02 WIB
loading...
Belasan Teroris Digiring dari Makassar ke Jakarta Hari Ini
Densus 88 Antiteror Polri menyisir lokasi penangkapan terduga teroris di Villa Mutiara Cluster Biru Jl. Boulevard Kel. Bulurokeng Kec. Biringkanaya Kota Makassar, Rabu (6/1/2020). FOTO/DOK.SINDOnews/Muchtamir Zaide
A A A
JAKARTA - Detasemen Khusus ( Densus) 88 Antiteror Mabes Polri akan menggiring belasan terduga teroris asal Sulawesi Selatan (Sulsel) ke Jakarta, Kamis (4/2/2021). Terduga anggota jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) itu akan dijemput di Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten lalu menjalani pemeriksaan intensif.

"Iya, ada penjemputan teroris Jamaah Ansharut Daulah dari Makassar di Bandara Soetta," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan, Kamis (4/2/2021).
Baca Juga: Ini Ruginya Kalau Pilpres, Pileg, dan Pilkada Digelar Serentak

Ahmad menuturkan, belasan orang yang diduga terafiliasi dengan JAD itu diperkirakan tiba di bandara sekitar pukul 12.00 WIB. Nantinya mereka akan dipindahkan ke tahanan teroris.



"Waktu penangkapan kemarin kan 20 orang. Kemudian dilakukan tindakan. 2 orang sudah meninggal, 1 orang luka, ada 1 (kena) COVID-19. Jadi belum tahu jumlahnya berapa. Yang jelas dari tindakan yang bulan lalu itu, ya antara 16 atau 15 orang kira-kira," ujar Ahmad.
Baca Juga: Viral, Pengantin Wanita Izin ke Suami untuk Peluk Mantan Kekasih Terakhir Kali

Seperti diberitakan, Densus 88 Antiteror Polri menangkap 20 teroris kelompok JAD di Kota Makassar, Sulsel pada Januari 2021 lalu. Dari jumlah itu, 17 di antaranya ditangkap, satu orang mengalami luka tembak, dan dua meninggal dunia akibat melawan petugas.

Ketika itu, Ahmad mengungkapkan, masih ada seorang tersangka teroris yang dirawat di Rumah Sakit Bhayangkara. "Dari penindakan tersebut, Densus 88 menangkap 20 orang teroris, 17 orang diamankan, 1 orang mengalami luka tembak atas nama I (34). Sementara 2 orang meninggal," ucap Ahmad.



Menurut Ahmad, para tersangka melawan petugas dengan menggunakan senjata tajam jenis barang dan senapan angin jenis PCP. Adapun dua orang tersangka yang meninggal dunia berinisial MRS (46) dan SA (23).

Dalam hal ini, kata Ramadhan, jaringan teror yang diringkus itu tergabung dalam JAD dan telah melakukan baiat kepada khilafah atau ISIS pada 2015 di Pondok Pesantren Aridho, pimpinan Ustaz Basri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1691 seconds (0.1#10.140)