Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 Disebut Akan Beraksi di Aceh

Rabu, 27 Januari 2021 - 11:40 WIB
loading...
Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 Disebut Akan Beraksi di Aceh
Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror terus melakukan pemeriksaan dan pengembangan terhadap kelima terduga teroris yang berhasil diamankan beberapa hari lalu.

"Dari kelima yang berhasil diamankan, empat di antaranya, yaitu MY, SJ alias AF dan RA merupakan DPO Densus 88 terkait rencana hijrah untuk bergabung dengan ISIS di Suriah dan Afghanistan," ungkap Kabid Humas Polda Aceh Kombes Pol Winardy dalam siaran pers, Rabu (27/1/2021).

Baca juga: Ini Beragam Profesi Lima Terduga Teroris yang Ditangkap di Aceh


"Sedangkan untuk terduga teroris UM alias AA alias TA dan SA merupakan jaringan kelompok Bom Polrestabes Medan dan sedang merencanakan pembuatan bom untuk melakukan aksi amaliyah di wilayah Aceh," katanya.

Menurut Winardy, kelima terduga teroris tersebut sudah melakukan aktivitas terkait terorisme selama dua tahun sebelum tertangkap oleh Densus 88 .

"Kurang lebih sudah dua tahun para terduga melakukan aktivitas terorisme sebelum tertangkap oleh Densus 88 ," ujarnya.

Sebelumnya, polisi menyatakan bahwa lima terduga teroris yang ditangkap di wilayah hukum Aceh, masih satu jaringan dengan kelompok yang terlibat dalam peristiwa bom bunuh diri di Polrestabes Medan.



Sekadar mengingatkan, Polrestabes Medan pernah menjadi sasaran atau target dari aksi bom bunuh diri pada 13 November 2019 lalu. Peristiwa itu menyebabkan pelaku langsung tewas di lokasi kejadian.

"Kelima terduga teroris ini diduga terlibat dalam jaringan bom Polrestabes Medan, dan juga terlibat dalam pembuatan bom jaringan teroris yang ditangkap di wilayah Riau," kata Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy dalam siaran persnya, Sabtu (23/1/2021).
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1993 seconds (0.1#10.140)