Akses Masuk Saudi Ditutup, KJRI: Kepulangan Jamaah Umrah Sesuai Jadwal

Rabu, 03 Februari 2021 - 14:02 WIB
loading...
Akses Masuk Saudi Ditutup, KJRI: Kepulangan Jamaah Umrah Sesuai Jadwal
Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan keputusan Arab Saudi menutup sementara akses masuk ke wilayahnya bagi pendatang dari 20 negara, termasuk Indonesia tidak mengganggu jadwal kepulangan jamaah umrah. Foto/Humas Kemenag
A A A
JAKARTA - Otoritas Arab Saudi menutup sementara akses masuk ke wilayahnya bagi pendatang dari 20 negara, termasuk Indonesia. Hanya warga negara Saudi, diplomat, praktisi kesehatan, serta keluarga mereka yang diizinkan masuk. Kebijakan tersebut diambil dikarenakan semakin meningkatnya kasus Covid-19 di negara Arab Saudi.

Baca Juga: Arab Saudi Cegah Masuk Warga Asing dari 20 Negara, Termasuk Indonesia

Keputusan tersebut diterbitkan pada 2 Februari 2021 dan berlaku efektif sejak 3 Februari pukul 21.00. Konsul Haji KJRI Jeddah Endang Jumali memastikan keputusan tersebut tidak mengganggu jadwal kepulangan jamaah umrah. "Jadwal kepulangan jamaah umrah masih tetap berjalan, sesuai jadwal. Kalau untuk keluar dari Saudi, tidak ada masalah," terang Endang Jumali di Jeddah, Rabu (3/2/2021).

Penyelenggaraan ibadah umrah dibuka oleh Saudi untuk warga negara di luar Arab Saudi pada 1 November 2020 dan hingga 2 Februari 2021, total kedatangan jamaah umrah asal Indonesia di Arab Saudi mencapai 2.603 jamaah. Jamaah tersebut diberangkatkan dari 2 bandara, yaitu Bandara Internasional Soekarno Hatta, Banten, dan Bandara Juanda, Jawa Timur.
"Saat ini, ada 670 jamaah Indonesia yang masih berada di Arab Saudi. Mereka sedang menjalankan ibadah umrah dan menunggu jadwal kepulangannya. Selama di Saudi, mereka tetap harus disiplin menerapkan protokol kesehatan sesuai kebijakan pemerintah setempat," lanjut Endang Jumali.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2173 seconds (0.1#10.140)