Rapor Merah Kinerja Antikorupsi

Rabu, 03 Februari 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Problemnya, Presiden Joko Widodo sebagai panglima tertinggi pemberantasan korupsi yang seharusnya melindungi KPK, justru lebih memilih untuk membiarkan KPK dikeroyok beramai-ramai oleh aliansi kepentingan yang menghendaki pelemahan KPK, melalui revisi UU KPK di pengujung 2019 lalu. Situasi itu belum tergambar dalam penilaian IPK 2019, yang dirilis pada awal 2020 lalu. Dengan kata lain, penurunan IPK 2020 yang dirilis di awal 2021 ini tak ubahnya merupakan koreksi telak bagi kinerja antikorupsi di era pemerintahan Presiden Jokowi.

Sebagian pihak barangkali ada yang menilai bahwa revisi UU KPK tidak berdampak signifikan kepada KPK. Hal ini dibuktikan dengan ditangkapnya Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari P Batubara. Tetapi, patut dicermati bahwa penangkapan itu dijalankan oleh para “The Last Samurai”, atau tim penyidik senior berkualitas KPK yang telah bersiap-siap tereduksi kapasitasnya saat sistem kepegawaian Aparatur Sipil Negara (ASN) diberlakukan di dalam lembaga KPK.

Saat momentum itu datang, KPK dengan mudah akan dipaksa tunduk kepada supremasi kepentingan bisnis yang telah berselingkuh dengan kekuatan politik, yang belakangan telah terfasilitasi melalui revisi UU KPK, UU Minerba dan juga UU Cipta Kerja. Jika episode KPK berubah menjadi ‘macan ompong’ itu dimulai, skor IPK Indonesia terancam semakin terjun bebas, bersamaan dengan tren mundurnya kualitas demokrasi.

Untuk itu, koreksi atas kinerja antikorupsi tahun ini harus benar-benar diperhatikan secara serius oleh Presiden sebagai panglima tertinggi agenda pemberantasan dan pencegahan korupsi di Tanah Air. Kewenangan Presiden yang begitu besar merupakan sumber kekuatan yang harus dimanfaatkan (exercised) untuk mengonstruksi dan mengharmonikan elemen-elemen kekuatan integritas di semua struktur kekuasaan negara. Ke depan, Presiden Jokowi masih punya kesempatan besar untuk mengubah catatan suram kinerja antikorupsi ini. Dengan ikhtiar optimal untuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang bersih, transparan, dan berintegritas, rakyat akan mengapresiasi setiap legasi pemerintah ini.
(bmm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)