Ganjar Pakai Baju Adat Riau saat Disuntik Vaksin Dosis Kedua

Kamis, 28 Januari 2021 - 17:44 WIB
loading...
Ganjar Pakai Baju Adat Riau saat Disuntik Vaksin Dosis Kedua
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat mendapat suntikan vaksin dosis kedua di RSUD Tugurejo Semarang, Kamis (28/1/2021)./Foto: Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan vaksinasi dosis kedua di RSUD Tugurejo Semarang, Kamis (28/1/2021).

Mengingat hari itu bertepatan dengan Kamis pekan keempat di mana seluruh ASN Jateng wajib memakai baju adat Nusantara, Ganjar pun tampil nyentrik mengenakan baju adat Riau dengan warna kuning cerah dengan aksesoris sarung dan ikat kepala.

Namun, ada yang berbeda dari baju adat khas Melayu yang digunakan Ganjar itu. Di bagian lengan kirinya dipasangi resleting sehingga Ganjar tak perlu repot menyingsingkan baju panjangnya saat melakukan vaksinasi,

"Saya kan ditanya besok mau pakai baju adat apa? Saya jawab Riau. Kemudian staff saya bilang, tapi itu kan lengan panjang pak. Langsung saya panggil penjahit saya. Gimana caranya biar tidak perlu ditarik. Akhirnya dibuatkan resleting di lengan atas," ucapnya.

Ganjar mengatakan ide desain baju itu terinspirasi dari Bupati Sragen, Kusdinar Yuni Sukowati yang memasang resleting di lengan baju muslimnya saat vaksinasi pertama.

Bedanya, jika Bupati Sragen memasang resleting di tengah lengan, baju Ganjar dipasang resleting di bagian atas lengan. Sehingga, kain lengan kirinya bisa dilepas.

"Saya terinspirasi dari Bupati Sragen, tapi dia disobek tengahnya. Kata penjahit saya, jangan pak, biar tidak kelihatan merubah designnya, jadi dipasang di atas dan diputar. Ini hanya 15 menit saya bawa bajunya ke penjahit, kemudian direparasi. Lebih efektif untuk vaksinasi," jelasnya.

Pada kesempatan itu, jajaran forkompimda Jateng juga ikut dalam vaksinasi dosis kedua, di antaranya Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen, Kapolda Jateng, Pangdam IV Diponegoro, Kajati Jateng, Wakil Ketua DPRD Jateng, Kanwil Kemenag, Ketua IDI Jateng, Ketua PPRI Jateng, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat lainnya.

Ditemui usai vaksinasi, Ganjar mengungkapkan harapannya semoga vaksinasi di Jateng berlangsung sukses. Ia bersama jajaran forkompimda sudah membuktikan bahwa proses vaksinasi aman.

"Buktinya kami sehat-sehat saja, tidak ada dampak apapun baik kemarin setelah vaksin dosis pertama, juga pada vaksin dosis kedua ini. Maka kami harap proses vaksinasi di Jateng berjalan lancar dan seluruh masyarakat mendukung," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)