Kasus Covid-19 Belum Juga Turun, Tersisa 1.059 Tempat Tidur di RSDC Wisma Atlet

loading...
Kasus Covid-19 Belum Juga Turun, Tersisa 1.059 Tempat Tidur di RSDC Wisma Atlet
Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Foto/SINDOnews/Sutikno
JAKARTA - Komandan Lapangan Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Kol. Laut (K) dr. Tjahja Nurrobi mengatakan saat ini tingkat keterisian tempat tidur di RS Darurat Wisma Atlet sebesar 82,33%. Sisa tempat tidur sebanyak 1.059 bed.

Secara rincian, saat ini jumlah bed yang ada di RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet sebanyak 5.994 bed. Per 22 Januari 2021, saat ini jumlah pasien yang ada sebanyak 4.935. "Jumlah ini akan bisa kita tingkatkan lagi melihat situasi ke depan melihat grafiknya ada kecenderungan tetap menaik," ungkap Tjahja dalam Update Kesiapan Rumah Sakit Tangani Pasien Covid-19 secara virtual, Jumat (22/1/2021).

Tjahja juga mengatakan bahwa pada tadi malam, pihaknya kembali menerima 350 pasien Covid-19 baru. Sementara, 185 orang telah sembuh. "Bahkan di Wisma Atlet sendiri saat ini sudah kapasitasnya melebihi 80% per hari ini. Tadi malam kita menerima kasus baru sebanyak 350. Dan yang pulang 185," katanya.

Baca juga: Lonjakan Kasus Covid-19 di Indonesia Bukan karena Varian Baru Virus



Tjahja mengatakan bahwa Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo telah menyampaikan potensi adanya lonjakan kasus. "Sebelumnya kita sudah memprediksi adanya peningkatan ini sejak akhir tahun lalu. Ketua Satgas Pak Doni Monardo juga sudah pernah menyampaikan akan ada peningkatan setelah liburan akhir tahun sampai dengan tahun baru itu di bulan Januari bahkan sampai dengan Februari sampai Maret," ungkapnya.

Untuk mengantisipasi hal itu, Tjahja mengatakan pihaknya telah melakukan upaya di antaranya dengan menambah ruang isolasi hingga ruang ICU. "Untuk mengantisipasi hal tersebut pada bulan Desember kita sudah melakukan upaya-upaya, di antaranya menambah jumlah kapasitas tempat tidur sehingga sekarang kita mempunyai 94 intermediate care unit, 27 HCU, dan 12 ICU," katanya.

Baca juga: PPKM Terkesan Parsial, Perlu PSBB Skala Nasional



Bahkan, Tjahja mengatakan pihaknya juga menyiapkan ruang isolasi tambahan di Wisma Atlet Pademangan. "Dan apabila ini terus meningkat maka kita akan menyiapkan Wisma Atlet yang di Pademangan yaitu Tower 8, 9, bahkan Tower 10. Dan ini sudah kita siapkan sejak saat ini."

(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top