Diungkap Mahfud MD, Ini Janji Calon Kapolri yang Tak Banyak Diberitakan

Kamis, 21 Januari 2021 - 12:22 WIB
loading...
Diungkap Mahfud MD, Ini Janji Calon Kapolri yang Tak Banyak Diberitakan
Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Komisaris Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo telah menjalani uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) sebagai calon tunggal Kapolri di Komisi III DPR, Rabu (20/1/2021).

Pelaksanaan fit and proper test berlangsung lancar dan dinamis. Listyo Sigit berhasil menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan para anggota Komisi III dengan cukup baik. Bahkan, ada sejumlah jawaban Listyo Sigit yang kemudian mendapatkan applause dari para anggota Komisi III.

Baca juga: Kasus Tewasnya 6 Laskar FPI Harus Jadi Prioritas 100 Hari Kerja Listyo Sigit

Sebut saja ketika Listyo Sigit menyatakan janjinya siap untuk memfasilitasi anak lulusan pesantren atau madrasah untuk menjadi anggota Polri. Termasuk ketika menyebutkan bahwa untuk menanggulangi terorisme, Listyo Sigit bahkan akan memerintahkan anggotanya untuk belajar kitab kuning, bacaan yang biasa dipelajari di pesantren.

Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut ada satu lagi janji penting Listyo Sigit sebagai calon Kapolri yang mendapat sambutan meriah dari angggota DPR, namun tidak banyak mendapatkan atensi dari para awak media. Apa itu?

"Salah satu janji calon Kapolri Komjen Listyo Sigit yang tidak banyak diberitakan tapi mendapatkan tepukan meriah di Komisi III DPR (20/1/2021) adalah jika ada anggota atau pejabat Polri yang terlibat kejahatan seperti bandar atau pengedar narkoba maka akan dipecat atau dipidanakan. Ini penting," ujar mantan ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu melalui akun Twitter @mohmahfudmd, dikutip Kamis (21/1/2021).
Listyo Sigit telah menjalani fit and proper test dengan lancar. Komisi III pun telah menyatakan bahwa Listyo Sigit dinyatakan lolos menjadi calon Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021 mendatang.

Hari ini, DPR juga akan menggelar rapat paripurna untuk menyampaikan Laporan Komisi III DPR terkait hasil fit and proper test calon Kapolri. Selanjutnya, Listyo Sigit Prabowo tinggal menunggu pelantikan oleh Presiden Joko Widodo yang memilihnya sebagai calon tunggal Kapolri.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)