Lemkapi: Konsep Presisi Listyo Sigit Tepat dengan Situasi Indonesia Saat Ini

Rabu, 20 Januari 2021 - 12:01 WIB
loading...
Lemkapi: Konsep Presisi Listyo Sigit Tepat dengan Situasi Indonesia Saat Ini
Lemkapi menilai program calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, yakni Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transformasi dan Berkeadilan) sangat cocok dengan situasi Indonesia yang saat ini. Foto/SINDOnews/arif julianto
A A A
JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menilai program calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo , yakni Presisi (Prediktif, Responsibilitas, Transformasi dan Berkeadilan) sangat cocok dengan situasi Indonesia yang saat ini menghadapi Covid-19 dan maraknya kejahatan siber.

"Kami menilai program calon Kapolri Listyo Sigit yakni Presisi sangat sesuai dengan sikon masyarakat dimana kehadiran polisi diinginkan masyarakat dapat memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman dengan cepat dan transparansi, berkeadilan kepada semua golongan masyarakat pada masa pandemi Covid 19," ungkap Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan saat memantau uji kelayakan calon Kapolri dengan judul 'Transformasi Menuju Polri yang Presisi' di Gedung DPR, Rabu (20/1/2021).

Menurut mantan anggota Kompolnas ini, saat ini kehadiran Polri dengan respons yang cepat dan mudah dihubungi serta memberikan keadilan bagi semua saat pandemi Covid-19, sangat dihaharapkan masyarakat. Rakyat mengharapkan polisi hadir dengan cepat ketika dibutuhkan. Polisi harus bisa memberikan pelayanan yang maksimal dan dirasakan kehadirannya oleh masyrakat.

Kebijakan calon Kapolri yang akan memperkuat polsek dengan babinkamtibmas sangat tepat. Peranan polsek yang memiliki babinkamtibmas satu desa, satu babinkamtibmas adalah dambaan masyarakat. Para babinkamtibmas dalam polsek harus berperan penting menjadi ujung tombak dalam pelayanan kepada masyarakat. "Kami yakin, dengan program ini Kapolri baru akan bisa meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Polri," ungkap pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Lemkapi: Konsep Presisi Listyo Sigit Tepat dengan Situasi Indonesia Saat Ini


Edi Hasibuan sangat setuju dengan komitmen Kapolri yang menginginkan polisi harus bisa memiliki kewajiban moral dari dirinya untuk terus meningkatkan penegakan hukum yang tegas tapi memberi keadilan kepada masyarakat. Tidak boleh ada hukum tumpul ke atas dan tajam ke bawah. Kehadiran calon Kapolri bersama sejumlah pejabat utama polri seperti Wakapolri, Kabaharkam Polri, dan Kalemdiklat Polri yang memperlihatkan situasi dalam polri sangat kondusif.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1485 seconds (0.1#10.140)