Soal Vaksinasi di Daerah Bencana, Satgas Covid-19 Bilang Begini

Selasa, 19 Januari 2021 - 20:06 WIB
loading...
Soal Vaksinasi di Daerah Bencana, Satgas Covid-19 Bilang Begini
Pelaksanaan vaksinasi Covid-19. Foto/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Program vaksinasi Covid-19 telah dimulai 13 Januari 2021. Namun, saat ini terjadi bencana alam di beberapa daerah. Bagaimana kelanjutan vaksinasi di daerah-daerah tersebut?

Terkait hal tersebut, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan bahwa pemerintah saat ini fokus pada penanganan bencananya. "Yang menjadi fokus pemerintah saat ini adalah penanggulangan bencana. Utamanya untuk melakukan evakuasi korban dan menyalurkan bantuan seefektif mungkin," katanya saat konferensi pers, Selasa (19/1/2021).

Dia mengatakan bahwa untuk mencegah penularan Covid-19 di lokasi terdampak, pemerintah telah menyiapkan strategi. Salah satunya adalah peninjauan rumah sakit, penyiapan tempat evakuasi awal dan akhir.



"Penyediaan sarana prasarana dan protokol untuk pekerja sosial. Serta koordinasi dengan BPBD terkait dengan protokol kesehatan dan evakuasi orang yang terdampak Covid-19 ," ujarnya.

Wiku mengatakan, selama evakuasi dan penyaluran bantuan berlangsung, pemerintah mengimbau segenap petugas dan relawan tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan .

Baca juga: Bencana Alam Melanda Sejumlah Wilayah, MUI Serukan Muhasabah Nasional

"Selain itu pemerintah pusat meminta pemda dan petugas serta relawan di lokasi bencana juga dapat bahu-membahu mengingatkan masyarakat untuk sebisa mungkin menaati protokol kesehatan."

(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1372 seconds (0.1#10.140)