IDI: Vaksinasi Covid-19 Harus Dijalankan dengan Hati-hati dan Sesuai SOP

Selasa, 19 Januari 2021 - 10:53 WIB
loading...
IDI: Vaksinasi Covid-19 Harus Dijalankan dengan Hati-hati dan Sesuai SOP
PB IDI mengimbau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harus dijalankan dengan hati-hati dan teliti sesuai prosedur yang berlaku. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Tim Advokasi Pelaksanaan Vaksinasi sekaligus Juru Bicara dari PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Iris Rengganis mengimbau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 harus dijalankan dengan hati-hati dan teliti sesuai prosedur yang berlaku.

“IDI Menghimbau agar pelaksanaan imunisasi dijalankan dengan hati-hati dan teliti sesuai dengan prosedur yang berlaku,” ungkap Iris dalam rapat kerja dengan DPR RI Komisi IX secara virtual, Selasa (19/1/2021).

Iris pun menegaskan jika IDI mendukung sepenuhnya program vaksinasi Covid-19. “IDI sudah mengeluarkan seruan anggota untuk mengikuti imunisasi dan membantu program imunisasi dengan berbagai cara yang dapat dilaksanakan di semua daerah seluruh Indonesia,” ungkapnya.
Selain itu, Iris mengatakan para pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi agar menyiapkan pertolongan ketika ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). “IDI mengimbau agar penerapan protokol kesehatan itu ditingkatkan, serta menyiapkan pertolongan jika terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi atau KIPI.”

Iris juga mengatakan harus ada kesepakatan antara Kemenkes mengenai biaya perawatan mereka yang mengalami kejadian KIPI. “Mungkin ini juga perlu digarisbawahi karena banyak sekali masyarakat yang bertanya, bilamana terjadi KIPI yang berat siapa yang akan mengganti uang perawatan di rumah sakit?. Juga harus ada koordinasi antara departemen untuk mensukseskan imunisasi, ada Kemenkes dan departemen-departemen yang lain kalau bisa di koordinasi dalam satu kesatuan itu akan lebih baik,” ungkap Iris.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2058 seconds (0.1#10.140)