Injeksi Vaksin Covid-19 Jokowi Picu Polemik, Ini Penjelasan Ketua Satgas IDI

Selasa, 19 Januari 2021 - 10:01 WIB
loading...
Injeksi Vaksin Covid-19 Jokowi Picu Polemik, Ini Penjelasan Ketua Satgas IDI
Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban menjelaskan, injeksi vaksin Covid-19 tidak harus 90 derajat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Satgas Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Profesor Zubairi Djoerban resah dengan adanya pesan berantai di media sosial tentang anggapan vaksinasi Presiden Joko Widodo (Jokowi) gagal dan perlu diulang. Injeksi vaksin terhadap tubuh manusia tidak harus tegak lurus 90 derajat.

Zubairi mengatakan, merebaknya isu vaksinasi Presiden Jokowi gagal dan harus diulang itu berawal dari pesan seorang dokter di daerah Cirebon, Jawa Barat yang menyatakan injeksi vaksin Sinovac seharusnya intramuskular (menembus otot) sehingga penyuntikannya harus dilakukan dengan tegak lurus 90 derajat.

"Menurut dokter itu, vaksin yang diterima @jokowi tidak menembus otot, karena tidak 90 derajat. Sehingga, dianggapnya, vaksin tersebut tidak masuk ke dalam darah, dan hanya sampai di kulit (intrakutan) atau di bawah kulit (subkutan). Apakah benar?," tulis akun twitter resminya @ProfesorZubairi yang dikutip Selasa (19/1/2021). Zubairi menegaskan bahwa jawabnya tidak benar. Sebab, menyuntik itu tidak harus selalu tegak lurus dengan cara intramuskular. Hal itu, kata dia, merupakan pemahaman lama alias usang dan jelas sekali kepustakaannya dalam penelitian berjudul "Mitos Injeksi Intramuskular Sudut 90 Derajat”.

Penelitian itu ditulis oleh DL Katsma dan R Katsma, yang diterbitkan di National Library of Medicine pada edisi Januari-Februari 2000. Intinya, persyaratan sudut 90 derajat untuk injeksi intramuskular itu tidak realistis. Pasalnya, trigonometri menunjukkan, suntikan yang diberikan pada 72 derajat, hasilnya itu mencapai 95% dari kedalaman suntikan yang diberikan pada derajat 90. Artinya, apa yang dilakukan Profesor Abdul Muthalib sudah benar. Tidak diragukan."Pertanyaan selanjutnya, apakah ada risiko terjadi Antibody Dependent Enhancement (ADE), kondisi di mana virus mati yang ada di dalam vaksin masuk ke jaringan tubuh lain dan menyebabkan masalah kesehatan?," sambung cuitanya.

Zubairi menyatakan semua itu tidak terbukti di uji klinis satu, dua dan tiga bahwa ADE itu terjadi pada vaksin Sinovac. Dahulu pernah diduga terjadi pada vaksin demam berdarah. Namun dia tidak tahu lagi perkembangannya. "Lebih jauh lagi. Apakah tubuh kurus dan tidak punya pengaruh dengan ukuran jarum suntik? Ya kalau obesitas berlebihan tentu jaringan lemaknya banyak. Jadi untuk masuk ke otot jadi lebih sulit. Dokter yang nantinya bisa menilai ukuran jarum suntik itu ketika akan divaksin," pungkasnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)