Selebgram hingga Fans K-Pop Galang Donasi Corona, Terkumpul Rp130 Miliar

Jum'at, 15 Mei 2020 - 13:32 WIB
loading...
Selebgram hingga Fans K-Pop Galang Donasi Corona, Terkumpul Rp130 Miliar
Pendiri kitabisa.com, Alfatih Timur menjelaskan tentang penggalangan dana untuk masyarakat terdampak virus Corona melalui kitabisa.com. Foto/Youtube BNPB
A A A
JAKARTA - Penggalangan dana melalui platform kitabisa.com mengungkapkan hingga kini penggalangan dana selama pandemi virus Corona (Covid-19) telah terkumpul Rp130 miliar.

Kitabisa.com merupakan website untuk penggalangan dana secara online. Melalui platform ini siapa pun bisa memulai penggalangan dana.

“Alhamdulillah sejak mulai sampai sekarang itu sudah ada jutaan donatur yang berpartisipasi dan terkumpul hari ini sudah lebih dari Rp130 miliar,” ungkap pendiri kitabisa.com, Alfatih Timur dalam teleconference di Media Center Percepatan Penanganan Covid-19 Graha BNPB, Jakarta (15/5/2020).

Alfatih mengatakan, penggalangan dana itu dilakukan oleh ribuan penggalang. “Nah itu memang digalang oleh ribuan penggalang. Jadi mereka yang memasukkan ke kitabisa.com lalu menggalang ke publik,” tandasnya. (Baca juga: Kabar Gembira, THR PNS Sudah Cair)

Ada beberapa kalangan selebgram, artis, bahkan komunitas pecinta musik Korea atau K-pop juga melakukan penggalangan dana.

“Beberapa contohnya yang mungkin publik juga sempat lihat ada Rachel Venya itu selebgram yang di hari pertama dia posting di IG story-nya bisa mengumpulkan Rp1,2 miliar dalam satu malam. Kemudian ada Atta Halilintar, Raffi Ahmad, tidak hanya artis. Tentu ada komunitas K-Pop yang jadi teman-teman pecinta Korea mereka mengumpulkan ratusan juta juga dengan di-share di Twitter kemudian viral,” tambah Alfatih.

Alfatih juga mengatakan untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19 salah satunya dengan gotong-royong. Hal ini sesuai dengan ajakan founding fathers negeri ini Bung Hatta sejak 60 tahun silam.

“Mungkin mirip dengan ajakan yang selama ini kitabisa.com sering share bahwa sebenarnya Bung Hatta 60 tahun lalu bilang masyarakat Indonesia akarnya kolektif dan komunal, gotong-royong,” katanya.

Alfatih juga mengajak agar seluruh pihak saling berangkulan serta memastikan masyarakat di lingkungan sekitar tidak ada yang kelaparan. “Di saat pandemi, juga tugas kita buat berangkulan saling tolong-menolong. Salah satu caranya tidak harus melalui online, memastikan tetangga itu bisa makan gitu tidak ada yang kelaparan di lingkungan terdekat.

Apalagi, lanjut dia, tidak lama lagi umat Islam merayakan Idul Fitri. "Ini momen orang bayar zakat fitrah ya. Biasanya zakat fitrah kita ke masjid, sekarang mungkin kita harus mikir nih bagaimana mungkin apakah transfer gitu ya, apakah kita lihat orang di kampung,” tambah Alfatih.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2316 seconds (0.1#10.140)