Renovasi Pertama Sejak 42 Tahun, Jokowi Resmikan Pemugaran Masjid Istiqlal

Kamis, 07 Januari 2021 - 19:00 WIB
loading...
Renovasi Pertama Sejak 42 Tahun, Jokowi Resmikan Pemugaran Masjid Istiqlal
Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan renovasi masjid Istiqlal. Renovasi sendiri dilakukan selama 14 bulan dengan pekerja kurang lebih 1.000 orang. Foto/Tangkapan Layar/Dita Angga
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) meresmikan renovasi masjid Istiqlal . Renovasi sendiri dilakukan selama 14 bulan dengan pekerja kurang lebih 1.000 orang.

(Baca juga: Megawati Ajak Masyarakat Ikuti Seruan Jokowi Tingkatkan Kedisiplinan Covid-19)

"Dengan mengucap bismillahirrohmanirrohim saya resmikan renovasi masjid istiqlal hari ini," kata Jokowi di Masjid Istiqlal, Kamis (7/1/2021).

(Baca juga: Garap Lahan Hutan, Jokowi Minta Petani Dikasih Utangan KUR)

Dia mengatakan, bahwa ini merupakan renovasi yang pertama sejak 42 tahun lalu. Dimana memakan biaya sebesar Rp511 miliar.

(Baca juga: Publik Berhak Menilai, Demokrat Desak Jokowi Segera Usulkan Calon Kapolri)

"Renovasi masjid Istiqlal merupakan renovasi pertama sejak 42 tahun yang lalu seperti tadi juga sudah disampaikan bapak imam besar dan menelan biaya sebesar Rp.511 miliar dari APBN," ungkapnya.

Jokowi nampak cukup puas dengan hasil renovasi tersebut. Dia melihat bahwa Masjid Istiqlal telah berubah total dan tampak seperti baru lagi.

"Landscapenya ditata ulang menjadi indah dan semakin kelihatan tertata rapi. Lantainya juga saya lihat sudah tiga kali, lebih berkilau. Tata cahayanya juga diganti sangat modern dan indah. Dan sungai yang membelah istiqlal juga semakin bersih dan rapi," tuturnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga menyampaikan apresiasi yang tinggi karena adanya renovasi ini tidak hanya memaksimalkan fungsi masjid sebagai tempat ibadah. Namun menurutnya juga memperhatikan aspek arsitektur, aspek seni, aspek estetika. Disamping itu juga tetap memperhatikan kaidah-kaidah cagar budaya bangunan masjid
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2016 seconds (0.1#10.140)